7 Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus, Dijamin Tidak Akan Kembali Lagi

Anda jengkel dengan keberadaan tikus di rumah yang tak kunjung hilang? Kali ini akan dibahas cara ampuh untuk mengusir tikus yang membandel, dijamin hewan pengerat ini kapok menghuni rumah Anda.

Tikus termasuk hewan hama yang mengganggu dan merugikan, karena sering merusak barang dan menyebarkan bakteri penyebab penyakit. Beberapa penyakit berbahaya yang disebabkan tikus, diantaranya Demam Tikus, Sindrom Paru Hantavirus, Salmonella Enterica Serovar Typhimurium, Eosinophilic Meningitis, dan Leptospirosis. Maka dari itu, Anda harus segera mengusir tikus dari dalam rumah.
mengusir tikus


Ini Beberapa Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus dari Rumah Anda


1. Memelihara Kucing untuk Menangkap Tikus

Kucing adalah ancaman terbesar bagi tikus. Maka dari itu, memelihara kucing akan sangat efektif untuk membebaskan rumah Anda dari tikus. Telah banyak yang membuktikan keberhasilan cara mengusir tikus dengan memelihara kucing. Anda tidak perlu khawatir kedatangan tamu tikus baru. Namun cara mengusir tikus dengan kucing tidak disarankan jika anggota keluarga Anda alergi terhadap bulu kucing.

2. Memanfaatkan Aroma Kuat Minyak Esensial Berbahan Peppermint atau Cengkeh

Pada umumnya minyak esensial digunakan sebagai pewangi dan penyegar ruangan. Namun ternyata aroma ini tidak disukai oleh tikus, sehingga efektif membuat tikus pergi dari rumah Anda.

Cara mengusir tikus yang merajalela dengan minyak esensial ialah tuang minyak esensial pada kain atau kapas. Kemudian, taruh kain atau kapas di tempat yang sering menjadi sarang tikus. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan diffuser untuk memaksimalkan penyebaran aroma minyak esensial ke seluruh ruangan.

3. Menggunakan Bubuk Kopi Hitam

Tikus biasanya akan mencium jejak jalan yang ditinggalkannya untuk kembali lagi. Anda dapat mencegah ini dengan menggunakan bubuk kopi, karena ternyata bubuk kopi dapat menyamarkan indera penciuman tikus. Caranya, taburkan bubuk kopi di area yang sering dilalui tikus.

4. Menggunakan Cangkang Telur yang Telah Dihaluskan

Anda dapat menggunakan cangkang telur sebagai cara tradisional mengusir tikus curut. Tidak hanya tikus, semua hama seperti kecoa dan semut bisa dimusnahkan dengan bantuan bubuk cangkang telur. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengeringkan limbah cangkang telur dengan dijemur maupun menggunakan oven. Setelah itu haluskan cangkang telur menggunakan blender atau ditumbuk. Langkah terakhir, taburkan bubuk cangkang telur di area yang menjadi sarang tikus.

5. Menggunakan Kulit Durian yang Aromanya Dibenci Tikus

Setelah Anda mengkonsumsi durian, kulitnya jangan dibuang. Aroma kuat kulit durian efektif mengusir tikus sehingga tikus tidak mau lagi masuk ke dalam rumah Anda. Kuatnya aroma durian ternyata membuat iritasi indera penciuman tikus. Caranya, tentu letakkan kulit durian di sarang tikus dalam rumah Anda.

6. Menggunakan Bumbu Dapur, Seperti Daun Salam

Daun salam tentu mudah didapatkan dari dapur Anda. Daun yang menjadi bumbu banyak makanan khas Indonesia ini ampuh mengusir tikus. Caranya, iris tipis daun salam kemudian letakkan di area yang sering dilalui tikus. Aroma daun salam akan membuat tikus tidak betah di rumah Anda. Jangan khawatir, beberapa tikus terkadang malah memakan daun salam itu. Namun ternyata kandungan daun salam tidak baik bagi tikus dan bisa membuatnya mati.

7. Memasang Perangkap Tikus yang diisi Makanan

Cara ini telah dilakukan oleh banyak orang. Anda dapat meletakkan perangkap tikus yang diisi dengan makanan untuk menarik tikus ke dalam perangkap. Beberapa macam alat perangkap bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus, baik perangkap yang dijual di pasaran maupun Anda membuatnya sendiri, seperti dari triplek atau ember yang diolesi lem perekat. Setelah tikus berhasil terperangkap, buang hewan hama ini jauh dari rumah. Gunakan sarung tangan ketika memegang tikus untuk mencegah kontaminasi bakteri dan virus dari tikus.

Poin terpenting dari cara ampuh untuk mengusir tikus adalah Anda harus senantiasa menjaga kebersihan rumah. Jangan biarkan sampah berserakan, terutama di dapur, karena ini mengundang kedatangan tikus. Selain itu, tutup dengan baik makanan Anda agar tidak terkontaminasi bakteri dan virus tikus.

7 Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus, Dijamin Tidak Akan Kembali Lagi 7 Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus, Dijamin Tidak Akan Kembali Lagi Reviewed by Bunda Lexi on April 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.