10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia Yang Bikin Kamu Takjub

Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang cukup menunjang kehidupan dan pertumbuhan ekonomi. Jalan bebas hambatan ini adalah satu-satunya jalan darat untuk bisa menempuh satu tempat tujuan tanpa banyak mengalami hambatan seperti jalan-jalan kota pada umumnya. Tahukah kamu 10 jalan tol terpanjang di dunia yang cukup membuat tercengang? Berikut ini datanya.

Jalan-jalan Tol Memanjang Melintasi Kota dan Negara

Jalan tol sejatinya dibangun untuk mempersingkat waktu yang akan ditempuh ke suatu tempat tujuan. Jalan ini ditujukan lebih kepada tidak adanya hambatan seperti lampu lalu lintas, pusat keramaian yang menyebabkan kemacetan dan hal lain sebagainya. Itulah mengapa jalan tol dibangun di wilayah yang terbilang jauh dari pusat kota menembus pinggiran kota atau negara. Namun, beberapa jalan tol terpanjang di dunia ini bahkan bisa melintasi beberapa negara karena jaraknya yang cukup fantastis. Apa sajakah itu?

1. Pan American Highway

jalan tol Pan American Highway
Shutterstock.com

Jalan tol yang satu ini memiliki panjang mencapai 48.000 km. Jalan tol ini terbujur dari teluk Prudhoe, Amerika Serikat hingga ke Ushuala, Argentina. Ada sekitar 15 negara yang dilaluinya yaitu Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili dan Argentina.

2. Highway 1 Australia

jalan tol Highway 1 Australia
Australiantraveller.com

Jalan tol Australia ini memiliki panjang 14.500 km. Terbentang antara negara-negara bagian di benua Australia, jalan tol ini memiliki sebutan sebagai jalur Prince of Wales sebagai penghormatan pada Pangeran Wales. Jalan tol Highway 1 ini merupakan jalan tol utama yang dipergunakan dalam aktivitas keseharian penduduk Australia.

3. Trans-siberian Highway

jalan tol Trans-siberian Highway
Dangerousroads.org

Jalan tol terpanjang di dunia yang ketiga terletak di Rusia. Jalan ini terbentang antara Rusia bagian utara hingga ke bagian tenggara yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudra Pasifik. Panjang jalan tol ini adalah 11.000 km dan melewati 10 zona waktu yaitu +3 GMT sampai dengan +10 GMT. Jalan tol ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi penduduk Rusia.

4. Trans-Canada Highway

jalan tol Trans-Canada Highway
Wikipedia.org

Trans-Canada memiliki panjang sejauh 7.821 km. Jalan tol ini melewati 8 negara bagian yaitu menghubungkan Vancouver, British Columbia hingga berakhir di Newfoundland. Jalan tol yang satu ini kini telah terintegrasi dengan sistem teknologi yang lebih modern. Meskipun terbilang negara yang berpenduduk tidak terlalu banyak, Canada dikenal sebagai salah satu negara dengan infrastruktur yang baik.

5. Golden Quadriateral Highway

jalan tol Golden Quadriateral Highway
Medium.com

Negara India ternyata memiliki satu jalan tol yang masuk ke dalam salah satu jalan tol terpanjang di dunia. Golden Quadriateral Highway memiliki panjang 5.846 km. Jalan tol ini terbentang mengelilingi negara India melalui beberapa kota-kota seperti New Delhi, Koltaka, Chennai hingga Bhubaneswar.

6. China National Highway

jalan tol China National Highway
Wikimedia.org

Dengan panjang 5.700 km, China National Highway selain terpanjang di negara tersebut juga termasuk ke enam di dunia. Terbentang dari Heilongjiang hingga ke Hainan, jalan tol ini menjadi andalah masyarakat China.

7. US Route 20

jalan tol Route 20
Flavorverse.com

Jalan tol yang terbentang dari ujung timur Boston hingga ujung barat Newport memiliki panjang 5.415 km. Jalan tol ini menghubungkan pantai ke pantai.

8. US Route 6

jalan tol Route 6
Getawaymavens.com

Jalan tol yang dibangun pertama kali pada tahun 1925 ini merupakan produk dari tokoh Amerika Franklin Delano Roosevelt yang melihat bahwa pesatnya perkembangan perekonomian Amerika perlu didukung oleh sebuah infrastruktur jalan yang bisa menghemat waktu. Jalan tol ini memiliki panjang 5.158 km, bermula dari Massachusetts hingga ke Brewster New York.

9. Interstate 90

jalan tol Interstate 90
Aimphotonics.academy

Dengan panjang 4.987 km, interstate 90 terbentang antara pantai barat Amerika hingga ke pantai barat. Jalan ini merupakan salah satu yang terpanjang di Amerika menghubungkan Seattle dengan Boston.

10. Interstate 80

jalan tol Interstate 80
Wikipedia.org

Jalan tol yang satu ini juga menghubungkan Amerika dari pantai barat hingga ke timur. Dengan panjang 4.666 km, interstate 80 menghubungkan San Fransisco California dengan Teaneck New Jersey.

Itulah 10 jalan tol terpanjang di dunia yang wajib kita ketahui. Jalan tol merupakan salah satu akses yang penting untuk mempercepat laju perekonomian suatu negara. Begitu pula di Indonesia, pembangunan jalan tol di berbagai tempat merupakan upaya pemerintah untuk memberikan fasilitas infrastruktur yang manfaat.

0 Response to "10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia Yang Bikin Kamu Takjub"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel