Anda Mengalami Insomnia? Ini 8 Fakta Gangguan Susah Tidur

Susah Tidur - Tidur merupakan cara terbaik untuk istirahat tubuh setelah melakukan aktivitas yang padat dalam sehari. Memenuhi kebutuhan tidur akan membuat tubuh kembali fresh dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh National Sleep Foundation (NSF), durasi tidur yang ideal tergantung pada usia, yakni bayi yang baru lahir (0–3 bulan) memerlukan 14–17 jam per hari, balita usia 1–2 tahun memerlukan durasi 11–14 jam, dan untuk dewasa berusia 26–64 tahun memerlukan durasi 7–9 jam per hari.

Jika durasi tidur Anda kurang dari durasi ideal ini, maka bisa jadi Anda termasuk kategori mengalami gangguan susah tidur.
susah tidur
Photo by Matthew T Rader on Unsplash


Gangguan susah tidur atau insomnia merupakan kondisi kelainan tubuh yang menyebabkan terjadinya masalah pola tidur, yakni tidak bisa tidur, terbangun saat malam hari, atau susah tidur kembali setelah terbangun. Akibat dari gangguan susah tidur adalah merasa lemas, mengantuk, kelelahan, mudah marah, dan sulit konsentrasi di siang hari.

Fakta Penyebab Tubuh Mengalami Gangguan Susah Tidur


Mengetahui penyebab insomnia akan memudahkan Anda untuk mengatasi gangguan susah tidur yang Anda alami. Berikut fakta gangguan susah tidur yang membuat Anda menjadi insomnia:

1. Bermain gadget sebelum tidur

susah tidur karena bermain gadget

Kebiasaan ini telah menjadi candu bagi banyak orang. Aktivitas yang Anda lakukan saat bermain gadget sebelum tidur, terutama yang melibatkan interaksi, seperti bermain Facebook, membalas email, atau chattingan akan mencegah otak Anda untuk beristirahat, sehingga terjadi gangguan susah tidur. Hali ini terbukti menjadi penyebab banyak orang terkena gangguan tidur.

2. Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

susah tidur karena banyak minum kopi

Kandungan kafein dalam kopi akan membuat Anda susah tidur. Terlebih bagi Anda yang sudah lanjut usia, metabolisme tubuh terhadap kafein akan semakin berkurang, sehingga banyak pengaruh kafein yang tertinggal dalam sistem tubuh Anda.

3. Bangkit dari tempat tidur saat terbangun tengah malam

susah tidur karena terbangun tengah malam

Ketika Anda secara tidak sengaja terbangun di tengah malam, kemudian beranjak dari tempat tidur akan membuat Anda semakin susah untuk tidur kembali. Maka sebaiknya tetap berada ditempat tidur dan cobalah menyiasati dengan menghitung mundur dari 100 hingga memicu rasa kantuk.

4. Sedang Menderita Penyakit Kronis

susah tidur karena penyakit kronis

Penyakit kronis sebagian besar akan menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu waktu tidur Anda. Jika tidak segera diobati akan membuat Anda semakin susah tidur dan memperparah sakit yang diderita.

5. Mengkonsumsi Obat-Obatan

susah tidur karena mengkonsumsi obat obatan

Beberapa obat memiliki efek samping yang membuat Anda insomnia. Diantara obat yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda adalah obat dengan kandungan kafein. Obat-obatan ini menghambat proses tidur REM, memblokir produksi melatonin, dan merusak kadar alami enzim.

6. Kesehatan Mental yang Terganggu

susah tidur karena mental yang terganggu

Ketika Anda mengalami gangguan kecemasan klinis atau depresi, maka kualitas tidur Anda akan terganggu.

7. Memiliki Alergi

susah tidur karena alergi

Berdasarkan laporan studi tahun 2006, orang yang memiliki alergi akan mengalami gangguan susah tidur. Hal ini disebabkan kondisi alergi yang timbul mengganggu proses tidur.

8. Tidur Terlalu Cepat

tidak bisa tidur karena tidur terlalu awal

Jika Anda tidur terlalu cepat dari jadwal biasanya, maka yang terjadi tengah malam Anda akan terbangun dan susah untuk tidur kembali.

Cara Mengobati Gangguan Susah Tidur

Bagi Anda yang mengalami gangguan susah tidur, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebab susah tidur. Selanjutnya, cari solusi yang sesuai dengan penyebab gangguan Anda. Beberapa solusi yang bisa Anda lakukan diantaranya: membuat tubuh santai dua jam sebelum tidur, atasi stres, atur jadwal tidur, konsumsi makanan yang sehat, dan olahraga secara teratur.

Itulah fakta gangguan susah tidur. Semoga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah insomnia Anda.

0 Response to "Anda Mengalami Insomnia? Ini 8 Fakta Gangguan Susah Tidur"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel