Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak

Anak pada awal-awal nya akan sering mengalami muntah saat dibawa bepergian jatuh ini terjadi pada semua anak dan itu normal. Cara untuk menghentikan agar anak tidak mudah mabuk adalah dengan sering-sering membawanya berkendaraan jauh.

Tetapi sebelum itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar anak tidak mabuk perjalanan, misalnya: Jangan memberikan makanan dan minuman yang mudah memancing anak muntah, hindari makanan berlemak, hindari susu, hindari makanan gorengan.

Jika anak akan bepergian jauh, maka saya biasanya minta dia makan antimo anak yang berbentuk sachet cair, rasanya jeruk. Sudah beberapa kali saya gunakan itu dan cukup ampuh.

Jika tidak ingin memakan obat tetapi ingin terhindar dari mabuk perjalanan ikuti tips berikut ini:

  • Makan buah atau biskuit sebelum perjalanan
  • Duduk dekat jendela agar pandangan bisa jauh kedepan (jangan melihat lantai atau objek yang dekat karena saat dalam perjalanan maka objeck tersebut akan membuat kita pusing jika di pandang terus menerus.
  • Jangan memainkan ponsel karena akan membuat kita mudah pusing
  • Jangan dekat dengan orang yang merokok, bau asap rokok bisa membuat anak pusing.
  • Buat tubuh serileks mungkin, jangan tegang
  • Ngobrol dengan teman dapat meminimalkan terjadinya mabuk perjalanan

Mengapa anak bisa mabuk perjalanan?

Mabuk perjalanan atau motion sickness dalam bahasa Inggris ialah gangguan keseimbangan pada otak karena mata dan telinga melihat atau mendengar objek bergerak sehingga otak berfikir bahwa tubuh kita sedang bergerak, sedangkan kenyataan nya tubuh kita sedang diam duduk. Gangguan keseimbangan ini yang menyebabkan mabuk perjalanan. Baca: Belajar Naik Sepeda Tanpa Jatuh
mabuk perjalanan

Ciri-ciri mabuk perjalanan pada anak

Anak menjadi pendiam (karena pusing)
Keluar keringat dingin

Cara agar anak tidak mabuk perjalanan

Sering-sering ajak anak berkendara jarak jauh sampai penyakit keseimbangan itu hilang. Misalnya naik mobil,  bis atau angkot. Dengan perjalanan menggunakan kendaraan akan membuat tubuh terbiasa dengan kondisi ini sehingga tidak mudah mabuk perjalanan.

Kalau kepepet Antimo anak cair bentuk sachet manjur untuk anak saya, mungkin untuk anak lain juga manjur. Minum kira kira 1 jam sebelum berangkat.

Siapkan kantong plastik untuk berjaga-jaga jika si anak mabuk selama perjalanan, siapkan juga satu set baju baru untuk menggantinya jika baju terkena muntahan.

Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak Reviewed by Yunar Winardi on April 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.