Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Remix Cash

Tips Belajar Efektif yang Harus Diketahui


Tips Belajar Efektif yang Harus Diketahui - Apakah Anda sedang mempersiapkan ujian, atau meluncurkan kampanye penuh untuk meningkatkan kebiasaan belajar Anda, semakin cepat Anda mulai, semakin cepat Anda akan sampai di sana. Berikut adalah tips untuk membantu Anda memanfaatkan waktu belajar Anda secara efisien.

tips belajar
Image by klimkin on Pixabay

Mencatat Dengan Baik

Mencatat dengan baik adalah tips belajar efektif yang baik. Jika Anda melakukannya dengan baik, Anda akan mengatur diri Anda untuk sukses, dan koleksi catatan kuliah, laboratorium, bacaan, gambar, dan peta yang terorganisir dengan rapi akan membuat iri teman-teman sekelas Anda.

Ketika Anda belajar, catatan Anda harus mengingatkan seluruh urutan gagasan yang disajikan di kelas. Atur catatan Anda menjadi bentuk garis besar. Ini akan membantu untuk mengklarifikasi pemikiran Anda tentang suatu topik, dan akan memiliki manfaat tambahan dari memfasilitasi studi ketika Anda harus mempersiapkan diri untuk ujian.

Jika Anda melihat ada bagian dari ceramah atau presentasi yang hilang dari catatan Anda, bacalah buku teks Anda dan minta bantuan siswa atau instruktur Anda untuk mengisi
kekosongan.

Pilih Waktu dan Tempat Terbaik Anda

Apakah Anda orang pagi atau burung hantu malam hari. Waktu belajar Anda harus kapan pun Anda paling waspada (siang hari biasanya adalah waktu paling tidak waspada). Temukan tempat yang nyaman untuk belajar, dan lengkapi ruang ini dengan bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk belajar sebelum Anda mulai.

Bangun untuk mencari barang-barang penting untuk kemajuan Anda akan menghancurkan konsentrasi Anda, dan buang waktu belajar. Jika Anda berada dalam jangka panjang, pastikan untuk mengepak makanan ringan dan minuman.

Rencanakan Waktu Belajar Anda


Tetapkan sasaran atau sasaran untuk waktu belajar Anda (identifikasi materi apa yang ingin Anda bahas). Pecahkan materi yang ingin Anda bahas menjadi barang-barang kecil agar tujuan keseluruhan Anda tidak berlebihan. Lakukan pekerjaan yang paling sulit ketika Anda merasa paling penuh perhatian. Simpan bit yang lebih mudah ketika Anda lelah.

Bagaimana Tips Belajar Efektif yang Harus Diketahui?


Tinjau secara teratur


Waktu terbaik untuk mengulas materi baru adalah setelah kelas ketika masih segar dalam ingatan Anda. Hal ini tidak hanya membantu membuat itu tetap, tetapi juga membantu Anda mengidentifikasi konsep atau bahan yang akan Anda butuhkan waktu tambahan untuk dipahami. Mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda dapat membantu memandu persiapan belajar Anda . Jika perlu, luangkan waktu sebelum setiap kelas untuk ditinjau sehingga Anda dapat siap untuk menjawab dengan instruktur pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Gunakan Strategi yang Berfungsi untuk Anda

Kita semua memiliki banyak cara untuk mengonseptualisasikan, mengingat, dan mengkomunikasikan informasi. Menggunakan lebih dari satu metode untuk memahami atau mengingat informasi dapat membantu Anda menangani konsep-konsep sulit dengan lebih efektif. Namun, ide yang umum adalah bahwa setiap orang memiliki pendekatan yang disukai untuk belajar yang disebut gaya belajar.

Kuis Sendiri dan Teman Anda

Jangan menunggu ujian untuk menguji pengetahuan Anda uji diri Anda terlebih dahulu. Buat pertanyaan tes tiruan, dan cobalah untuk menjawabnya dengan benar. Atau mintalah teman, kelompok, atau anggota keluarga untuk menanyakan Anda tentang konsep - konsep kunci atau menawarkan untuk membantu siswa lain dengan pekerjaan mereka.

Ini cara yang bagus untuk mengetahui tips belajar efektif apa yang telah Anda pelajari dan untuk mengetahui apa yang masih perlu Anda pelajari. Ini juga akan membantu meningkatkan daya ingat Anda. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Belajar Efektif yang Harus Diketahui"