Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Remix Cash

Cara Mengasah Otak Paling Ampuh dan Jitu Agar Lebih Cerdas

Mengasah otak - Menurut penelitian yang dilakukan oleh Archana Singh-Manoux terhadap lebih dari 10.000 manusia mengungkapkan bahwa seseorang akan mengalami kemunduran kemampuan kognitif ketika menginjak usia 45 hingga 49 tahun. Usia-usia tersebut sangat riskan sekali akan penurunan daya ingat sehingga mereka cenderung mudah lupa akan sesuatu hal, padahal ia baru saja melakukan aktivitas tersebut.
mengasah otak

Nah, selagi Anda masih muda alangkah baiknya cegah kemunduran fungsi otak melalui tips mengasah otak paling ampuh. Beberapa cara melatih otak yang akan kami informasikan untuk Anda ini ternyata terbukti ampuh dalam meningkatkan kepekaan otak serta daya ingat. Lantas apa saja trik jitu mengasah otak yang terbukti paling ampuh? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Kiat Sukses Mengasah Otak Paling Ampuh


1. Bermain Teka Teki Silang

Tips mengasah otak adalah bermain game teka teki silang. Tahukah Anda meskipun game ini nampak sepele namun menurut penelitian seorang professor bernama Keith Wesnes dari Universitas Exeter Inggris ini menyatakan bahwa permainan teka teki silang mampu membuat kondisi otak 10 tahun lebih muda dibandingkan dengan usia sebenarnya.

Hal ini dikarenakan permainan TTS membutuhkan banyak sekali konsentrasi, pola pengenalan sekaligus kecepatan berfikir dalam menghadapi sebuah tantangan baru. Nah hal tersebutlah yang membuat fungsi kognitif pada otak semakin meningkat sehingga meningkatkan pula kepekaan otak.

2. Berolahraga

Selain dijadikan saranan untuk menjaga kesehatan, olahraga ternyata juga merupakan cara mengasah otak paling ampuh yang terbukti efektif. Pasalnya olahraga tak hanya membantu pertumbuhan sel-sel saraf saja namun juga membantu mengalirkan darah serta oksigen ke otak sehingga otak akan lebih peka dan terasah. Tak melulu olahraga berat, olahraga ringat juga terbukti efektif dalam meningkatkan kepekaan otak. Seperti misalnya jalan kaki atau lari selama 15 menit tiga kali dalam seminggu tanpa disadari juga mampu mengasah otak.

3. Meditasi

Tak melulu dengan belajar rajin, ternyata mengasah kepekaan otak terhadap segala hal mampu dikerjakan dengan cara yang mengasyikan, salah satunya adalah meditasi. Meskipun trik jitu mengasah otak ini sudah ada sejak jaman dahulu namun hingga saat ini kepopulerannya tak tergerus oleh jaman.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Human Neurosciens Journal mengatakan bahwa ada beberapa teknik yang dilakukan pada metode meditasi ini yang dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi pada otak. Tak hanya itu beberapa teknik tersebut juga mampu mengasah otak dan meningkatkan fokus.

4. Istirahat Siang

Banyak khalayak ramai yang justru menghiraukan akan manfaat yang didapatkan dari istirahat siang yang cukup. Padahal aktivitas ini mampu meningkatkan kapasitas otak jauh lebih baik dari sebelumnya sehingga otak mampu menerima segala informasi lebih banyak.

Oleh karenanya manusia memang sangat dianjurkan sekali untuk istirahat disiang hari, sebab hal ini dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kognitif pada otak sehingga otak lebih efektif dalam menyerap informasi.

5. Diamkan Pikiran

Banyak orang yang justru terlalu memfolsir otaknya dalam bekerja, padahal hal sedemikian rupa ini mampu menurunkan fokus konsentrasi otak seseorang. Sehingga ia cenderung lupa dan susah untuk memfokuskan pikirannya ke satu titik. Menurut penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa bagian ganglia pada dasar otak akan melakukan aktivitas ketika otak beristirahat.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengasah otak paling ampuh yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengasah Otak Paling Ampuh dan Jitu Agar Lebih Cerdas"