Membuat Blog - Catatan Penulis

Membuat Blog - Postingan ini sama sekali tidak bermaksud menggurui siapa pun. Saya hanya berusaha menuliskan apa yang saya percayai dalam membuat sebuah blog yang baik berdasarkan pengalaman.

Saya menuliskan ini sebagai bahan referensi untuk diri sendiri, jika suatu saat saya lupa step apa saja yang telah saya lakukan, maka saya bisa melihat postingan ini.

Saat ini banyak sekali platform blog yang bisa kita gunakan, baik yang gratis maupun berbayar, tetapi  2 platform yang banyak dipakai terutama di Indonesia ialah Wordpress dan Blogspot (Blogger).
membuat blog


Sekali lagi step step yang saya lakukan di bawah ini mungkin saja tidak benar tetapi minimal inilah yang saya yakini benar dan sedang atau telah saya jalankan.

1. Luruskan Niat

Jika anda serius, maka niatkan membuat atau membangun blog anda sebagai sebuah bisnis, artinya diperlukan ketekunan dan keseriusan dalam membangun atau menjalankan sebuah blog. Jika dikelola dengan baik dan bersungguh sungguh maka anda akan mendapatkan apa yang diharapkan bahkan seringkali lebih.

2. Memilih Niche Blog

Niche atau terjemahannya ceruk ialah tema blog kita, apa yang akan kita bahas nantinya, usahakan membahas yang kita sukai karena dalam perjalanan nya ada saat saat dimana kita menjadi sangat malas ketika performance blog kita sedang jelek. Jika yang kita bahas itu kesukaan atau hobi kita, maka kita akan cepat bangkit kembali dan kembali mengisi blog kita. Jika blog anda sudah sukses banyak pengunjung dan tentu saja menghasilkan, maka anda akan dengan mudah menduplikasikannya atau membuat niche yang anda kurang minati sekalipun bisa sukses.

3. Memilih sebuah nama Domain

Domain atau nama blog. Sebaiknya pilih nama yang brandable misalnya nama anda, jangan membuat domain berdasarkan keyword karena biasanya terdengar aneh atau terlalu dipaksakan. Dahulu sekali Amazon.com hanya menjual buku online, tetapi sekarang mereka menjual semua barang kebutuhan manusia. Pernahkah terbayang bagaimana jika dulu Jeff Bezos memilih nama domain cheapbookstore.com trus akhirnya berjualan seperti sekarang ini, maka nama domain nya menjadi kurang relevan.

Meskipun saya melihat sekarang ini banyak juga yang nama domain nya tidak relevan dengan bidang bisnis nya. Ini biasanya terjadi karena pemilihan nama domain yang kurang tepat, atau membeli domain yang sudah ada (tidak mendaftar dari awal).

Untuk membeli domain saya biasanya gunakan Namecheap, atau Godaddy

4. Memilih Perusahaan Hosting

Gunakan hosting yang murah (tapi bagus) dulu sebagai pemula karena beberapa alasan. Pertama belum tentu anda masih bersemangat ngeblog di tahun kedua. Kedua pada awal awal anda berusaha biasanya pengunjung masih belum banyak sehingga hosting yang murah tapi bagus ini biasanya masih bisa mempertahankan performance nya.

Untuk visitor yang saya tergetkan dalam negeri maka saya gunakan Server yang ada di Jakarta, atau paling jauh yang di Singapore. Untuk dalam negeri saya pernah mencoba Domainesia, Hostinger (Server Singapore).
Untuk target pengunjung luar negeri saya pernanh menggunakan Hostgator, Bluehost, Namecheap Hosting.

5. Memilih Theme yang baik

Theme standar yang disediakan Wordpress ataupun Blogspot biasanya sudah cukup baik, tetapi terkadang anda ingin sesuatu yang beda atau sesuatu yang lebih baik maka anda bisa membeli theme premium. Theme Premium ialah theme berbayar yang biasanya memiliki keceptan load yang cepat, SEO friendly, bisa di customize.
recover dengan menambahkan categories di footer
Efek menghilangkan tag cloud dan memsang kembali categoris


Layout 
- Pastikan theme anda menampilkan Category di sidebar atau footer, pokoknya harus muncul di semua halaman website.
Menu 
- Simpan artikel artikel unggulan anda kedalam menu dengan demikian akan mendapatkan banyak link dari semua artikel.

6. Konten

Konten atau isi sebuah blog tentu saja artikel, terkadang berupa gambar atau video. Artikel yang baik ialah sebuah artikel yang memberikan nilai kepada para pembacanya. Setelah membaca artikel dari blog anda orang tersebut jadi bertambah pemahaman nya. Sebuah artikel yang baik biasanya panjang karena dia menjelaskan secara detail.

Suatu artikel biasanya akan mendapat traffic setelah 3 bulan tayang, jadi membuat blog itu seperti bertani atau beternak. Kita menanam dulu baru panen kemudian. Jadi dalam 3 bulan itu usahakan kita sudah mengisi banyak artikel, sehingga nanti peningkatan pengunjungnya juga signifikan.

Internal link
Internal link yaitu link antar artikel dalam blog anda. Pastikan anda selalu memakainya dengan menerapkan internal link maka power page setiap halaman akan makin menguatkan power website anda. Ini juga untuk menhilangkan halaman yang orphan, yaitu halaman yang tidak mendapatkan link dari halaman manapun dalam website yang sama.

7. Konsistensi

Ini merupakan bagian yang terberat menurut saya. Konsistensi dalam menulis atau mengisi artikel di blog anda sangat diperlukan, semakin banyak konten semakin baik. Berapa banyak? Menurut saya 1000 artikel.

Gila banyak amat...ya itu memang target saya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan. Jika kita konsisten mengisi 1 artikel setiap hari, maka akan dibutuhkan 2,7 tahun untuk mencapai 1000 artikel. Jadi kalau ingin lebih cepat mencapai target ya buat 2-5 artikel setiap hari.

Panjang artikel minimal 500 kata sampai 2500 kata. Saya kadang beli artikel dari jasa penulis konten ataupun pun menulis sendiri.

8. Backlink

Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke halam website kita. Banyak sekali macam backlink, tetapi yang saya biasanya gunakan ialah contextual link, yaitu link yang berada dalam sebuah artikel.

Jangan terlalu terfokus kepada backlink, fokuslah ke penambahan artikel di blog, karena dengan artikel yang banyak maka mendatangkan visitor yang banyak juga.

Membuat Blog - Catatan Penulis Membuat Blog - Catatan Penulis Reviewed by Yunar Winardi on March 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.