6 Fakta Menarik Tentang Bola Mata Berwarna Biru yang Wajib Anda Ketahui

Tahukah bahwa organ vital yang sering dijuluki sebagai jendela dunia ini menyimpan fakta menarik yang perlu diketahui. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa warna biru pada bola mata terjadi karena kandungan pigmen.

Namun beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa bola mata berwarna biru ini terjadi karena adanya sifat structural. Sejatinya efek biru yang terpantul pada bola mata ini tergantung dari mineral serta cahaya yang dikandungnya.
bola mata
Bola mata biru Image by cocoparisienne from Pixabay 


Ada beberapa fakta menarik tentang bola mata berwarna biru. Dimana fakta unik yang akan kami bahas ini banyak tak diketahui oleh khalayak umum. Lantas apa saja fakta unik tentang bola mata berwarna biru? Berikut selengkapnya.

Fakta Tentang Bola Mata Warna Biru yang Wajib Anda Ketahui


1. Hanya 8% Didunia

Secara umum jumlah manusia didunia yang memiliki bola mata berwarna biru ini hanya 8% saja. Bahkan keadaan ini hanya terjadi di beberapa negara. Namun meskipun demikian tetap saja mayoritas penduduk manusia di muka bumi ini memiliki bola mata yang berwarna coklat. Jikalau dipresentassekan hampir 55% manusia di penjuru dunia ini memiliki bola mata berwarna coklat.

2. Pantulan warna biru tergantung pada mineral dan cahaya

Salah satu penyebab bola mata menjadi berwarna biru ini disebabkan karena Efek Tyndall. Nah biasanya Efek Tyndall ini sangat bergantung terhadap pantulan cahaya, mineral serta protein yang terkandung di dalam bola mata. Sehingga hal tersebut tentunya akan mempengaruhi seberapa banyak warna yang akan tersebar nantinya.

3. Lebih Sensitif Terhadap Cahaya

Biasanya seseorang yang memiliki bola mata berwarna biru akan lebih sensitive terhadap cahaya apapun. Hal ini disebabkan karena bola mata yang berwarna biru umumnya tidak memiliki kandungan melanin di dalam iris bola matanya. Sehinga hal tersebutlah mata lebih cenderung tidak terlindung dari cahaya secara intensif.

Seperti misalnya ketika hendak berfoto keluarga, awalnya seseorang yang memiliki bola mata berwarna biru akan membuka matanya secara lebar-labar. Tetapi setelah terkena pantulan cahaya dari kamera mata akan menyipit.

4. Memiliki mata merah ketika berfoto

Umumnya seseorang yang memiliki bola mata berwarna biru akan berubah menjadi merah ketika berfoto menggunakan flash. Hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk keretina terlalu banyak, sehingga banyak orang yang kurang cepat untuk mengembalikan pantulan cahaya tersebut. Oleh karenanya secara otomatis bola mata akan berubah menjadi warna merah.

5 Mata Biru Hasil Dari Mutasi

Secara umum dulunya warna bola mata manusia mayoritas berwarna coklat. Tetapi pada tahun 6.000 hingga 10.000 tahun silam ada seseorang yang mengalami kecelakaan genetic di wilayah Laut Hitam. Kecelakaan genetic tersebut membuat proses pembuahan yang mampu menghasilkan bola mata yang berwarna biru.

6. Tidak dikontrol oleh Gen Resesif Tunggal

Faktor utama penyebab timbulnya warna biru pada bola mata adalah adanya gen-gen alami yang mempengaruhinya. Namun meskipun hal tersebut sudah pasti masih banyak orang yang menganggap bahwa warna biru pada bola mata bersifat resesif.

Bagaimana apakah sudah memahami fakta menarik tentang bola mata warna biru? Itulah beberapa rangkuman singkat mengenai 10 fakta menarik tentang bola mata berwarna biru yang wajib Anda ketahui dengan seksama. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan info unik untuk Anda. Terima kasih.

0 Response to "6 Fakta Menarik Tentang Bola Mata Berwarna Biru yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel