Awal Mula Perkembangan Sejarah Google

Google merupakan sebuah perusahaan swasta multinasional Amerika Serikat yang bergerak dibidang jasa serta produk internet. Awal mula perkembangan sejarah google yang kini termasuk kedalam perusahaan swasta yang telah memiliki asset hingga miliaran dollar ini bermula dari sebuah penelitian yang hendak dijadikan sebagai bahan tesis desertasi. Perusahaan yang diprakarsai oleh Sergey Brin dan Larry Page ini didirikan pada tanggal 4 Maret 1998 silam.

Setelah selang 2 tahun ide brilian dari Larry Page ini tercetus, ia langsung mengangkat dirinya sebagai CEO Google, sekaligus mengangkat sahabat karibnya, Brin menjadi CO Founder. Duo sahabat yang sama-sama menempuh pendidikan di Stanford University ini saling berkolaborasi untuk menjalin relasi ke beberapa perusahaan ternama lainnya. Setelah berjuang mencari modal, akhirnya mereka berhasil mendapatkan pinjaman dari teman dan keluarga sebesar USD 1 juta.
sejarah google


Lambat laun akhirnya pada Februari 1999, startup dari perusahaan yang memiliki kantor dari bekas garasi ini mampu melaju dengan pesatnya tanpa diduga-duga. Untuk menunjang kinerjanya akhirnya Page memutuskan untuk mengganti tempat kantornya ke tempat baru yang berada di wilayah Palo Alto, California. Selang tujuh bulan, seiring dengan perkembangan perusahaan Google yang ditekuninya, mereka memutuskan untuk memindahkan kantor kerjanya lagi ke wilayah Mountan View.

Meskipun pada saat itu Google belum menghasilkan uang, namun perusahaan yang didirikan oleh dua sahabat karib yang berinovasi tinggi ini sudah mampu melaju dengan pesatnya pada tahun 1999. Hingga pada akhirnya perusahan ini membutuhkan pendanaan yang banyak untuk melakukan investasi di server hingga sumber daya manusia yang dibutuhkann untuk melancarkan kinerjanya ini.

Akhirnya supaya perusahaan tersebut dapat berjalan, mereka bersepakat untuk mencari investor dalam pendanaan perusahaannya tersebut. Singkat cerita Page harus berbesar hati merelakan jabatan CEO Google yang telah disandangnya tersebut karena dianggap kurang berpengalaman. Nah sejak saat itulah para investor mulai berdatangan untuk melakukan investasi besar ke perusahaan Google.

Meskipun pada saat itu terjadi kontroversi hari yang dialami oleh Page ketika melepas jabatannya tersebut. Page merasa ia adalah seseorang yang cocok dan pas untuk mengatur perusahaan Google supaya lebih berkembang.

Namun kenyataannya perusahaan ini justru stagnat pada masa kepemimpinannya. Hingga pada akhirnya mereka mencari pemimpin atau CEO Google terbaru untuk mengantikan posisi Page. Setelah melakukan seleksi beberapa akndidat dipilihlah Eric Schmidt sebagai pemimpin perusahaan Google diera selanjutnya.

Keputusan Brin dan Page dalam memilih Eric Schmidt untuk memimpin perusahaan Google berbuah manis. Pasalnya pada masa kepemimpinannya Google berhasil menjadi perusahaan yang besar hingga pada Agustus 2008 silam Google berhasil melantai di bursa saham.

Pada tahun 2011 Eric Schmidt mengundurkan diri dari jabatannya tersebut karena merasa sudah cukup dalam memimpin perusahaan besar tersebut. Kemudian jabatan ini dikembalikan kepada CEO Google yang pertama yaitu Larry Page dan mengangkat Schmidt sebagai co Founder.

Selang beberapa tahun dua sejoli ini memutuskan untuk membangun perusahaan induk Google yang diberi nama Alphabet. Perusahaan Induk Google tersebut di pimpin oleh Larry page dan mendapuk Brin sebagai Presiden serta Eric Schmitd sebagai Executive Chairman. Nah, sejak saat itulah perusahaan google mulai berkembang hingga saat ini.

Nah itulah rangkuman singkat mengenai awal mulai perkembangan sejarah Google hingga saat ini yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda seputar Google.

0 Response to "Awal Mula Perkembangan Sejarah Google"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel