5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Yang Wajib Kita Ketahui

Rukun Islam ada 5 perkara dan sebagai umat Islam kita harus mengetahui dan melaksanakannya

rukun islam

Arti kata rukun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang harus dikerjakan untuk sahnya suatu pekerjaan misalnya, salah satu rukun sholat ialah membaca surat al fatihah, maka sholat menjadi tidak sah ketika kita tidak membaca surat al fatihah. Arti yang kedua rukun adalah azas/dasar/sendi. Demikian pula dengan rukun Islam ialah merupakan sendi-sendi ajaran Islam, dan rukun iman ialah sendi-sendi keimanan.

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat/syahadah

Mengucapkan dua kalimat syahadat yaitu:
ASYHADUALLA ILLA HAILLALLAH, WAASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH
artinya: Aku Bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwasanya nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.

Dua kalimat syahadat/syahadah yang berarti kita yakin bahwa hanya Allah SWT lah satu-satunya yang patut disembah, tiada sekutu selain Allah SWT.
Kalimat kedua berarti kita mengakui bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

2. Mendirikan sholat

Melaksanakan sholat lima kali dalam atau hari yang terdiri atas Subuh, Dzuhur, Ashar,Maghrib, Isya adalah suatu kewajiban/keharusan bagi semua umat Islam. Ibadah sholat yang pertama kali akan diminta pertanggungan jawab saat di alam kubur nanti.Untuk laki-laki sangat dianjurkan untuk sholat di Masjid secara berjamaah, untuk wanita bisa dilakukan di rumah.

3. Berpuasa pada bulan ramadhan

Bulan Ramadhan ialah rajanya bulan dan pada bulan itu umat Islam diwajibkan menjalankan puasa selama 30 hari dan diakhiri dengan merayakan hari Idul Fitri. Pada bulan Ramadhan semua pintu neraka ditutup dan setan diikat agar tidak mengganggu ibadah manusia. Pada bulan itu semua ibadah pahalanay dilipatgandakan.

4. Mengeluarkan zakat

Zakat yang diwajibkan adalah sebesar 2,5% tetapi lebih besar lebih baik. Zakat akan membersihkan harta kita, ingat bahwa uang/penghasilan yang kita dapatkan ada bagian buat fakir miskin di dalamnya yang wajib kita keluarkan.

5. Menunaikan ibadah haji

Melaksanakan ibadah haji bagi umat Islam yang mampu secara materi dan jasmani adalah suatu kewajiban.

Rukun iman ada 6 perkara dan sebagai umat muslin kita harus meyakininya:

rukun iman

1. Percaya kepada Allah SWT

Percaya kepada Allah SWT pemilik semesta alam, yang patut kita sembah dan patuhi perintahnya serta jauhi larangan nya.

2. Percaya kepada malaikat

Malaikat adalah mahluk Allah SWT yang selalu patuh kepada perintahNya, malaikat terbuat dari cahaya, tidak berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Ada 10 nama malaikat yang wajib diketahui umat Islam, untuk melihat ke 10 nama malaikat berserta tugasnya bisa dilihat di halaman ini.

3. Percaya kepada kitab-kitab

Kitab-kitab suci yang diturunkan kepada para rasul ialah firman Allah yang wajib kita percayai dan patuhi. Terdapat 4 kitab suci yang telah diturunkan Allah SWT kepada para rasulnya yaitu:

  1. Kitab suci Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa AS, pedoman bagi bangsa Bani Israil, dikenal dengan nama The Ten Commandements, atau 10 perintah Tuhan.
  2. Kitab suci Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud AS, dikenal juga dengan nama Mazmur, merupakan pedoman bagi kaum nabi Daud AS, berisi nyanyian pujian kepada Allah atas segala nikmatnya
  3. Kitab suci Injil yang diturunkan kepada nabi Isa AS, merupakan pedoman bagi bangsa Bani Israil berisi pokok ajaran Zuhud, menjauhi ketamakan dan kerusakan dunia.
  4. Kitab suci Alquran yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, pedoman bagi seluruh umat manusia yang diturunkan secara berangsur-angsur, dan dengan membaca Alquran menjadikannya nilai ibadah.

4. Percaya kepada nabi-nabi dan para rasul

Nabi/Rasul adalah utusan Allah yang memiliki mukjizat dan memiliki sifat yang dapat dipercaya dan tidak pernah berbohong. Semua nabi dan rasul berjenis kelamin laki-laki. Ada ratusan ribu nabi dan rasul, sebagai umat Islam kita wajib mengetahui 25 nama nabi dan rasul. Untuk mengetahui ke 25 nabi dan rasul, anda bisa melihat di halaman ini.

5. Percaya kepada hari kiamat

Sebagai umat Islam kita harus percaya adanya hari kiamat dimana pada hari itu dunia akan hancur dan semua manusia mati bersamnya. Kemudian nanti manusia dikumpulkan di pada Mahsyar untuk dimintai pertanggungan jawab atas semua perbuatan mereka di dunia.


6. Percaya kepada qada dan qadar

Percaya kepada takdir baik dan takdir buruk adalah rukun iman ke enam atau yang terakhir. Semua takdir kita sudah ditentukan Allah dari awal hingga akhir, kita hanya tinggal mengikutinya. Saat kita mendapatkan takdir baik itu semata adalah karena kebaikan Allah SWT semata. Ketika kita mendapatkan takhir buruk yang tidak kita inginkan, yakinlah bahwa ada kebaikan dibalik kejadian itu. Manusia tidak tahu apa yang baik bagi dirinya, sedangkan Allah SWT maha mengetahui. Jangan pernah berprasangka buruk kepada Allah SWT.


5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Yang Wajib Kita Ketahui 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman Yang Wajib Kita Ketahui Reviewed by Yunar Winardi on January 04, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.