Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja - Setiap orang pasti ingin bekerja. Banyak orang yang telah menempuh pendidikan hingga setinggi-tingginya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.
Dalam mencari sebuah pekerjaan, apa hal yang harus Anda persiapkan? Selain dokumen-dokumen penunjang penting seperti ijazah terakhir, sertifikat-sertifikat keahlian, pengalaman kerja, dan Daftar Riwayat Hidup, Anda perlu mempersiapkan surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan salah satu penunjang penting untuk melamar sebuah pekerjaan. Tanpa membuat lamaran pekerjaan, bagaimana Anda akan menyampaikan keinginan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut?
contoh surat lamaran kerja


Sebuah lamaran pekerjaan sangat penting untuk dicantumkan ketika Anda sedang melamar kerja. Minimal, perusahaan ataupun instansi yang Anda lamar mengetahui bahwa Anda memang memiliki keinginan untuk melamar kerja.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda semua untuk mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang akan diperhatikan perusahaan untuk menilai kepribadian Anda.

Pada jaman dahulu di mana era digital belum begitu semaju sekarang, surat lamaran kerja ditulis menggunakan tulisan tangan. Tulisan tangan masing-masing orang dapat menjadi salah satu hal untuk melihat kepribadian seseorang.

Di era yang sudah modern ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan komputer atau diketik. Hasilnya memang sangat rapi. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang merasa memiliki tulisan tangan yang kurang rapi. Namun perlu Anda ingat, banyak pula instansi dan perusahaan yang mengharuskan para pelamarnya untuk menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan.

Lalu, bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Sebelum mempelajari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, mari simak terlebih dahulu fungsi dari surat  lamaran kerja itu sendiri.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

1. Sebagai tanda tertulis permohonan pekerjaan

Melalui surat lamaran kerja, Anda dapat menuliskan identitas dan lampiran lain seperti ijazah, fotokopi KTP, Foto, Daftar Riwayat Hidup, dan lain-lain. Selain itu, surat lamaran kerja berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban pelamar kerja terhadap apa yang dituliskannya. Surat lamaran kerja juga menjadi bukti yang sah bagi pelamar dalam melamar kerja.

2. Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi dari Surat Lamaran Kerja selanjutnya adalah untuk berkomunikasi. Komunikasi yang dimaksud di sini adalah komunikasi antara pihak pelamar kerja dengan instansi atau perusahaan. Pelamar dapat berkomunikasi melalui suratnya tersebut.

3. Pertimbangan dalam menerima pekerjaan

Ketika perusahaan atau instansi membuka lowongan kerja, maka mereka pastinya akan memberikan kualifikasi khusus dalam mempekerjakan calon pekerjanya. Jenjang pengalaman kerja dan juga pendidikan terakhir biasanya menjadi salah satu pertimbangan bagi instansi untuk menerima pegawai barunya.
Jadi, surat lamaran kerja memang sangat penting agar peluang diterima kerja lebih besar. Lalu, bagaimana contoh surat lamaran kerja yang kreatif, yang baik, dan yang benar?
contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Ciri-ciri Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar harus memenuhi beberapa persyaratan. Baik tidaknya surat lamaran kerja dapat menjadi sebuah penentu diterima atau tidaknya Anda di perusahaan atau instansi yang Anda lamar.
Oleh karena itu, meskipun itu hanya sebuah surat lamaran kerja, Anda perlu mempersiapkannya dengan baik dan benar. Ini bukan hanya sekedar surat pengantar ataupun surat pembuka, namun surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang akan menentukan langkah selanjutnya.
Contoh surat lamaran kerja yang kreatif bisa menjadi contoh yang baik untuk Anda. Menulis surat lamaran kerja memang membutuhkan kreativitas yang tinggi. Setidaknya, surat lamaran kerja Anda harus mengundang daya tarik.
Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menulis surat lamaran pekerjaan

1. Ringkas dan padat

       Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja adalah ringkas dan padat. Contoh surat lamaran kerja yang baik adalah ringkas dan padat. Anda tidak perlu melebih-lebihkan dalam menulis di surat lamaran kerja.
Terlalu berlebihan dan bertele-tele dalam menulis surat lamaran kerja akan membuat pembaca menjadi sulit untuk memahaminya. Oleh karena itu, diharapkan untuk menulis surat lamaran kerja dengan struktur yang benar
Struktur yang benar adalah di mana Anda bisa menempatkan bagian dari isi surat secara relevan. Pertimbangan dalam menggunakan huruf kapital, spasi, jarak baris juga perlu untuk diperhatikan.

2. Surat dapat menjawab berbagai macam pertanyaan

Suatu surat lamaran yang lengkap adalah dapat menjawab beragam pertanyaan. Konsep yang dapat dipahami adalah menyusun pertanyaan dengan menggunakan 5W dan 1 H yaitu tentang apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
Surat lamaran kerja yang baik dan benar idealnya dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Anda bisa menulis mengapa Anda melamar, perusahaan apa yang akan Anda lamar, apa yang mampu Anda berikan, dan beberapa keterangan lainnya

3. Perhatikan tentang daya tarik

Jika Anda memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, maka ingatlah bahwa ada banyak sekali pelamar yang ingin menempati posisi yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda harus dapat menyampaikan ketertarikan Anda dalam surat lamaran yang Anda buat. Surat lamaran kerja yang masuk ke HRD akan terlebih dulu disortir oleh bagian HRD. Jadi, surat lamaran yang bagus, kreatif, dan berkualitas akan menentukan diterima atau tidaknya Anda dalam perusahaan tersebut.
Anda bisa menggunakan semua kreativitas yang Anda miliki untuk menuliskan surat lamaran kerja agar surat lamaran menjadi baik dan menarik. Setidaknya, Anda telah menggunakan struktur surat yang baik dan benar. Struktur yang baik dan benar sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah surat lamaran pekerjaan. Anda juga bisa mengkombinasikannya menggunakan berbagai macam inovasi. Dengan demikian, hasil dari surat lamaran pekerjaan yang Anda buat pun menjadi lebih hebat dan meyakinkan.

4. Kenalilah Perusahaan Yang Anda lamar

Jika Anda melamar sebuah pekerjaan, pastikanlah Anda telah mengetahui karakter yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Contohnya saja, jika Anda melamar kerja pada sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang desain dan grafis, maka buatlah surat lamaran pekerjaan yang menarik dan penuh warna
Atau, jika Anda melamar pada perusahaan yang bergerak di bidang akuntansi, maka Anda bisa mengirimkan surat lamaran pekerjaan dengan struktur yang sangat rapi. Apabila Anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan dengan mengenali terlebih dahulu karakter dari perusahaan yang akan Anda lamar, maka Anda akan dinilai sebagai salah satu orang yang berpengalaman dan memang pantas untuk mengisi lowongan perusahaan tersebut
Namun, Anda harus benar-benar mengetahui karakter perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan sampai Anda salah mengenali karakter dari perusahaan yang akan Anda lamar. Bisa-bisa, Anda justru akan dinilai sebagai seorang yang sangat ambisius.

5. Manfaatkan jasa pengiriman

Kini, ada banyak sekali jasa pengiriman yang sangat berkualitas selain jasa pos. Anda bisa memanfaatkan beragam jasa pengiriman yang berkesan seperti JNE, TiKi, atau bisa mengirim jasa pengiriman yang cukup berkelas seperti FedeX. Dengan menggunakan jasa pengiriman yang berkualitas, Anda bisa memastikan bahwa surat lamaran pekerjaan Anda memang benar-benar telah sampai di tempat tujuan.
Jika bisa, pilihlah jasa yang kilat sehingga surat Anda bisa sampai dengan tepat waktu. Memang hal tersebut akan memakan biaya yang cukup banyak. Namun, hal ini akan sebanding jika nanti akhirnya Anda akan diterima di perusahaan tersebut.

6. Kejujuran

Hal pertama yang akan dinilai perusahaan ketika memilih pegawainya adalah sebuah kejujuran. Kejujuran merupakan harga mati dan itu harus dimiliki oleh semua orang. Anda harus berhati-hati dan jujur dalam menuliskan tentang data diri Anda. Jangan sampai karena Anda ingin terlihat berkualitas, Anda justru menuliskan data-data yang tidak benar
Data-data yang tidak benar adalah sebuah ketidakjujuran Anda. Jujur merupakan salah satu poin utama dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Apapun kualitas Anda, mau pas-pasan atau biasa saja, Anda harus menyampaikannya dengan jujur dan penuh dengan rasa hormat.
Mungkin saja kesempatan bekerja Anda akan menjadi lebih kecil karena Anda memiliki kemampuan yang Anda miliki hanya pas-pasan. Namun, kejujuran adalah suatu hal yang terbaik. Hal tersebut bahkan bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk terus mengasah keterampilan dan bakat yang Anda miliki untuk meraih kesempatan kerja lain di masa yang akan datang.

7. Perhatikan kembali susunan surat sebelum mengirimnya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan dalam menulis sebuah surat lamaran pekerjaan adalah mengecek kembali surat lamaran kerja yang telah Anda buat. Pisahkan secara jelas bagian-bagian isi surat serta penyampaiannya. Jika Anda telah meneliti dengan baik, maka Anda bisa mengirimnya sekarang juga.
Setelah mengetahui ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang baik, maka Anda bisa segera mencari contoh surat lamaran pekerjaan untuk menjadi referensi bagi Anda. Langsung saja, berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang kreatif.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jika Anda belum pernah membuat surat lamaran kerja, Anda bisa mendapatkan panduan dari contoh surat lamaran kerja berikut ini. Anda bisa melihat bagian-bagian surat lamaran pekerjaan berikut sebagai referensi untuk Anda.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 1

Yogyakarta, 21 Agustus 2018
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Manajer HRD
Hotel Grand Mutiara Pangandaran
Jalan Pamugaran No. 145 Pantai Barat
Pangandaran

Dengah hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan di Hotel Grand Mutiara Pangandaran yang dimuat di website Hotelgrandmutiara.com, bersama dengan surat lamaran pekerjaan ini saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dalam tim IT Hotel Grand Mutiara Pangandaran.

Berikut adalah biodata diri saya.
Nama : Adi Jaya Pambudi
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 16 Juli 1992
Pendidikan Terakhir : Universitas Negeri Yogyakarta
Domisili : Jalan KH. Zainal Mustofa No 12 Yogyakarta
Telepon : 082 232 223 009
Email : jazaadi@gmail.com

Saya mampu berbahasa inggris secara lisan maupun tulis. Selain itu, saya juga telah terbiasa bekerja dengan menggunakan computer, mengoperasikan MS Office baik Word, Excel, maupun PowerPoint, menguasai jaringan internet serta jaringan CCTV.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:
1. CV atau Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy ijazah S1 dan transkrip nilai
3. Fotocopy Sertifikat kursus dan pelatihan
4. Fotocopy surat pengalaman kerja
5. Fotocopy KTP
6. Pas foto terbaru
Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin.
Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Adi Jaya Pambudi

Dari contoh surat lamaran kerja di atas bisa dilihat bahwa semuanya telah lengkap. Mulai dari alamat perusahaan yang dituju, keinginan untuk bergabung dengan perusahaan, serta menyampaikan kelebihan yang sangat pas dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.
Jadi, besar sekali kesempatan yang mungkin akan Anda dapatkan. Hal yang menarik dari surat lamaran di atas juga bisa dilihat dari kelebihan yang jujur telah disampaikan. Pihak perusahaan tentu saja akan mempertimbangkan kelebihan tersebut.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Bandung, 21 Agustus 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada:
Yth. Manager HRD
Bank Central Asia (BCA)
Jalan Jendral Ahmad Yani No. 280
Bandung, Jawa Barat 40272

Dengan Hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan di Harian Suara Rakyat tanggal 16 Agustus 2018, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai staf HRD di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin.

Saya seorang perempuan berusia 24 tahun, lulus dari Universitas Negeri Jakarta dan telah meraih gelar Sarjana Ekonomi (SE) pada tahun 2016.

Saya adalah pribadi yang supel dan cepat untuk menerima hal yang baru, suka dengan tantangan, dan mampu bekerja secara pribadi ataupun dalam kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Ijazah terakhir dan transkrip nilai
3. Fotocopy KTP
4. Pas foto terbaru
Besar harapan saya agar selanjutnya dapat  mengikuti tes seleksi atau wawancara. Atas perhatian dari Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya

Winda Nurcahyani

Contoh surat lamaran kerja yang kedua juga terlihat menarik dan justru lebih simpel atau sederhana. Surat lamaran pekerjaan tersebut memang berisi informasi yang padat dan jelas. Kedua surat lamaran pekerjaan di atas memiliki daya tarik tersendiri. Surat lamaran pekerjaan yang kedua memang lebih simpel, namun bahasanya lugas dan meyakinkan. Jadi, HRD mungkin akan menangkap gaya bahasa yang penuh semangat dan antusias dari surat lamaran kerja di atas.

Mengapa contoh surat lamaran kerja sangat diperlukan? Bagi Anda yang belum pernah menulis surat lamaran kerja, mencari referensi tentang surat lamaran kerja yang baik, kreatif, dan benar sangat diperlukan. Mengapa?
contoh lamaran pekerjaan sederhana

1. Dapat mencontoh gaya tulisan

Jika Anda sama sekali belum pernah melamar sebuah pekerjaan, membuat surat lamaran kerja memang terdengar cukup susah. Apalagi untuk Anda yang belum terbiasa untuk bercakap secara formal.

2. Mencari format yang pas

Hal kedua yang bisa dicontoh dari sebuah contoh surat lamaran pekerjaan adalah format yang. Bagi Anda yang belum terbiasa mungkin merasa sedikit sulit. Maka, hal yang harus diperhatikan adalah memperhatikan format di contoh surat lamaran kerja yang telah tersedia

3. Bahasa yang digunakan

Bahasa yang digunakan dalam contoh surat lamaran kerja disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang diinginkan. Anda bisa mempelajarinya secara baik tentang bahasa maupun cara berkomunikasi dari contoh surat lamaran kerja yang tersedia di atas.
Demikianlah hal yang perlu Anda ketahui tentang melamar kerja. Melamar kerja bukan hanya sekedar melamar saja. Ada banyak dokumen yang penting untuk Anda persiapkan termasuk surat lamaran kerja.

Contoh surat lamaran kerja dapat menjadi referensi yang terbaik untuk Anda. Tulislah surat lamaran kerja Anda dengan tulisan terbaik yang Anda bisa.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Reviewed by Yunar W on August 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.