Contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup (Bahasa Indonesia dan Inggris)

Bekerja menjadi salah satu tuntutan bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak orang yang mencari dan mengikuti pendidikan yang setinggi-tingginya untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang baik. Dengan bekerja, Anda akan memperoleh penghasilan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari

Dalam melamar sebuah pekerjaan, Anda tidak hanya membutuhkan ijazah atau pun sertifikat-sertifikat yang mendukung. Hal yang tidak kalah penting dari semua itu adalah surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae.

Contoh curriculum vitae dapat menjadi salah satu referensi yang menarik bagi Anda yang sedang berencana untuk melamar pekerjaan. Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup bisa dibuat dengan Bahasa Indonesia maupun dengan menggunakan Bahasa Inggris.
contoh curriculum vitae


Melamar pekerjaan merupakan hal yang susah-susah gampang dan harus dilakukan dengan niat sungguh-sungguh. Nah, dengan bermodal surat lamaran kerja dan curriculum vitae yang top, maka ini bisa menjadi sebuah pintu untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.
Meskipun Anda adalah seorang ilmuwan, peneliti, ataupun professor, namun semua itu tidak akan diketahui oleh pihak perusahaan atau instansi yang telah Anda lamar jika Anda tidak mencantumkan

Curriculum Vitae.

Curriculum Vitae atau yang sering disingkat dengan CV menjadi salah satu komponen yang amat penting dalam melamar pekerjaan dengan menggunakan jasa pengiriman surat baik melalui Pos ataupun jasa ekspedisi lainnya. Dalam menuliskan CV, tentu Anda harus menggunakan gaya yang berkualitas sehingga dapat menarik perhatian pihak perusahaan atau instansi yang akan Anda lamar.

Apa Itu Curriculum Vitae?

Sebelum kita membahas tentang contoh Curriculum Vitae, mari ketahui terlebih dahulu apa itu Curriculum Vitae. CV merupakan salah satu dokumen yang akan memberikan gambaran mengenai diri Anda atau pihak pelamar kerja dengan berbagai macam kualifikasi yang dimilikinya.
CV pada umumnya merupakan salah satu penentu dan menjadi sebuah acuan bagi pihak perusahaan untuk menentukan antara posisi kerja yang dibutuhkan dengan calon pegawai yang akan mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Tanpa adanya CV, bagaimana pihak perusahaan dapat menilai diri Anda?

Tidak hanya pengalaman yang ada dalam sebuah CV seseorang, ada pula hal lainnya yaitu profil pelamar kerja yang telah disusun dengan selengkap mungkin. Dalam profil yang ada di CV, tercantum berbagai macam informasi mulai dari data pribadi, nama, atau pun kontak dari pelamar kerja. Ini akan menjadi salah satu data yang sangat bermanfaat bagi pihak perusahaan untuk menjadi sarana komunikasi bagi perusahan dengan Anda.

Anda tidak boleh menyepelekan Curriculum Vitae. Meskipun ini merupakan suatu informasi yang sangat singkat, namun CV menjadi sebuah peranan yang amat penting dalam menentukan diterima atau tidaknya Anda dalam perusahaan tersebut nantinya.
Keberadaan CV menjadi sebuah hal yang krusial. Mengapa demikian? Dari sebuah CV, pihak perusahaan akan mendapatkan kesan pertama tentang diri Anda. Jika CV yang Anda tuliskan sangat menarik dan mengesankan, maka pembaca pun akan membayangkan betapa menarik dan mengesankannya diri Anda ketika nanti bertemu secara langsung.
contoh curriculum vitae bahasa inggris

Fungsi dan Jenis-jenis Curriculum Vitae

Setelah Anda paham tentang pengertian curriculum vitae, tahukah Anda fungsi dari curriculum vitae?  Dari CV yang telah Anda tuliskan, maka pihak instansi ataupun perusahaan akan mengetahui mengenai data personal ataupun latar belakang pendidikan Anda.
Perlu Anda ketahui, terdapat beragam jenis CV. Masing-masing CV memiliki fungsi yang sangat berbeda-beda. Bagi Anda yang asih fresh graduate atau baru lulus kuliah ataupun bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis CV.
Jika Anda sudah mengetahui jenis-jenis CV dan manfaatnya, maka nantinya Anda bisa menuliskan CV sesuai dengan yang diinginkan oleh pihak perusahaan ataupun instansi yang Anda lamar. Berikut jenis-jenis CV yang sangat penting untuk diketahui.

1. Berdasarkan ketentuan

Berdasarkan ketentuan CV, maka CV bisa dibedakan menurut ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan atau pun instansi yang akan Anda lamar atau yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Contoh :
a. CV untuk melamar PNS
b. CV untuk melamar BUMN
c. CV untuk melamar perusahaan konservatif dengan aturan baku pembuatan CV
CV yang ditentukan berdasarkan ketentuannya bisa dibuat dengan mudah karena biasanya pihak yang membuka lowongan pekerjaan telah menyediakan form dan Anda hanya tinggal mengisinya saja.

2. CV Berdasarkan Tujuannya

Jika dibedakan berdasarkan tujuannya, maka CV dibedakan tergantung dari tujuan Anda melamar sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, membuat CV memang harus memiliki tujuan yang sudah sangat jelas. Pastikan Anda telah mengetahui informasi tentang tujuan dari pembuatan CV tersebut.
Dengan demikian, kini Anda sudah bisa menentukan tentang jenis CV apa yang akan Anda buat. Pahami terlebih dahulu instansi atau perusahaan yang akan Anda lamar sehingga Anda bisa menentukan dengan jelas jenis CV yang akan Anda buat.
Ciri-Ciri dan Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik dan Benar
Untuk membuat CV yang baik dan benar, maka Anda harus mengetahui tentang ciri-ciri dan cara menulis CV. CV yang baik ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak diperkenankan bagi Anda untuk menuliskan tulisan yang bertele-tele. Tuliskanlah informasi yang sangat informative dan menarik
Anda hanya perlu menuliskan berbagai macam hal yang relevan. Hal yang perlu Anda tambahkan adalah beberapa hal yang menggambarkan keunggulan diri Anda. Itu pun tidak boleh dituliskan secara berlebihan.
Di dalam sebuah CV yang baik dan benar, terdapat informasi mengenai:
1. Nama, profil, serta kontak yang dapat dihubungi
2. Riwayat pendidikan dan kualifikasinya
3. Deskripsi kemampuan yang Anda miliki dan dibuktikan dengan datanya
4. Pengalaman kerja
download template cv

Selanjutnya, bagaimanakah cara untuk membuat CV yang baik dan benar?

1. Carilah informasi tentang pekerjaan yang akan dilamar

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat Curriculum Vitae adalah mencari informasi tentang jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Jenis pekerjaan yang akan dilamar sebaiknya memang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki dan Anda pun memang menyukai pekerjaan tersebut.
Anda bisa mencatat semua informasi tentang pekerjaan tersebut baik mengenai usia, pekerjaan, keterampilan serta keahlian, dan pengalaman kerja. Dengan mencatatnya, Anda akan bisa lebih mudah untuk membuat CV.

2. Pahami apa itu CV

Secara umum, CV memang berisi tentang informasi tentang gambaran dan profil dari diri Anda. Ketahui penyusunan yang ada di CV secara umum. Contohnya adalah sebagai berikut
a. Identitas diri
b. Pendidikan
c. Personalitas
d. Keahlian dan keterampilan
e. Pekerjaan dan proyek yang pernah dijalankan
f. Pelatihan terbaru
g. Informasi mengenai diri Anda lainnya seperti hobi
Umumnya, menulis sebuah CV memiliki urutan seperti itu. Jangan sampai terbalik-balik ya.

3. Membuat CV

Sekarang, waktunya bagi Anda untuk memulai membuat CV. CV dapat ditulis menggunakan Bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris dan dapat ditulis tangan ataupun diketik.
Pastikan Anda membuat desain atau layout yang sangat rapi dan tidak berlebihan. Jangan menggunakan font yang sangat bervariasi karena hal tersebut tentu saja akan membingungkan pembacanya.

4. Baca kembali CV Anda

Jika Anda telah selesai membuat CV, baca kembali CV yang telah Anda buat. Dengan membaca ulang CV yang telah Anda buat, ini akan menghindarkan diri Anda dari kesalahan dan memastikan bahwa CV yang telah Anda buat tersusun secara baik, rapi, dan benar
Usahakan untuk menggunakan kalimat bahasa yang baku. Jika Anda belum paham tentang kalimat yang baku, Anda bisa menggunakan kata-kata baku yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia secara online.

Contoh Curriculum Vitae Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Kini, Anda sudah sangat paham tentang apa itu CV, manfaat CV, bahkan cara pembuatan CV yang baik dan benar. Jika Anda ingin mendapatkan referensi tentang CV yang baik dan benar, simak contohnya di bawah ini.

Contoh 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DATA PRIBADI
Nama : Satya Nugraha, S.E
Tempat, Tanggal Lahir : Kebumen, 27 Maret 1992
Alamat : Desa Sruweng, Kecamatan Sruweng, Rt 02 RW 02  Kebumen, Jawa Tengah
Telepon/ HP : 082 228 229  112
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email : satyan99@gmail.com
Hobi : Basket

PENDIDIKAN FORMAL
1. SDN 1 Sruweng
2. SMPN 2 Sruweng
3. SMKN 2 Kebumen
4. Universitas Muhammadiyah Purworejo Fakultas Ekonomi
KEAHLIAN
1. Berbahasa Inggris aktif
2. Mengoperasikan computer MS OFFICE
PENGALAMAN KERJA
1. Bank Jateng sebagai Marketing, 2014-2016
2. Apotik K 24 Sebagai Marketing , 2016 – 2018
Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat Saya

Satya Nugraha

Contoh 1 dari CV atau daftar riwayat hidup sudah merupakan contoh yang baik dan benar. Mengapa Contoh Curriculum Vitae di atas bisa dikategorikan sebagai contoh yang baik dan benar?
Pertama, CV di atas telah menampilkan identitas pribadi secara lengkap mulai dari identitas pribadi, pendidikan, keahlian, serta pengalaman kerja yang pernah dilakukan.

Dengan menuliskan semua informasi di atas, maka pihak perusahaan pun akan bisa membayangkan tentang diri Anda dan beragam bidang keahlian yang telah Anda miliki.
Selain telah menginformasikan secara jelas mengenai profil atau identitas pribadi Anda, CV tersebut juga telah menampilkan informasi menarik dari Anda mulai dari jabatan yang pernah Anda lakukan dalam melakukan pekerjaan sebelumnya.

CV di atas juga menampilkan informasi yang urut sehingga pembaca akan bisa menangkap dengan jelas tentang apa yang Anda sampaikan. Informasi tentang keahlian yang Anda miliki juga tidak disampaikan secara berlebihan. menyampaikan keahlian secara berlebihan hanya akan membuat Anda terkesan tidak baik.
Font yang digunakan juga rapi dan jelas. Tidak menggunakan beragam font yang membingungkan serta format yang ditata pun sangat bagus. Dengan font dan desain yang rapi, maka CV yang Anda tuliskan di atas pun sudah mendapatkan nilai plus tersendiri dari pihak yang membuka lowongan pekerjaan.

Contoh 2

CURRICULUM VITAE
PERSONAL DETAILS
Name : Susi Wijayanti
Address : Parung, Bogor
Date of Birth : 23 April 1993
Nationality : Indonesian
Gender : Female
Marital Status : Single
Religion : Muslim
Email Contact : susiw21@gmail.com
Phone Number : 082 989 88 293

EDUCATION DETAILS
1999 - 2005 State Elementary School 1 Parung
2005 – 2008 State Junior High School 12 Bogor
2008 – 2011 State Senior High School 1 Bogor
2011 – 2015 State University of Jakarta Accounting Program

JOB EXPERIENCE
2015 – 2017 Working in PT SeaWorld Indonesia (Ticketing)
2017 – 2018 Working at Bank Central Asia (Customer Service)

SKILL
1. Able to speak English
2. Able to operate computer MS Office Program
3. Able to finish the job on time

PERSONALITY
Good Attitude, communicative, honest, discipline, kind, responsible, and hard worker.
This is to state that information above is true and provided here by me, all in good faith.
Sincelery

Susi Wijayanti

Untuk contoh dari Curriculum Vitae di atas juga terbilang baik dan lengkap. Pertama, identitas dari profile pelamar kerja sudah tertulis dengan jelas di sana. Begitu pula dengan riwayat pendidikan dan keahlian semua sudah tertulis dengan jelas. Pelamar juga telah menyampaikan kepribadian dengan jujur dan tanpa berlebihan.

Kedua contoh di atas merupakan contoh CV atau daftar riwayat hidup untuk umum. Bagi Anda yang ingin melamar sebagai pegawai negeri sipil atau pun BUMN telah tersedia form khusus untuk menuliskan daftar riwayat hidup. Semua itu bisa didownload atau diunduh dengan mudah dan Anda hanya tinggal mengeditnya saja.

Nah, contoh curriculum vitae di atas baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia semuanya dapat menjadi referensi terbaik untuk Anda. Baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris semuanya benar. Untuk Anda yang ingin bekerja pada bidang pekerjaan seperti tour guide, customer service, atau bahkan guru bahasa inggris akan lebih baik untuk menulis CV dalam bahasa Inggris.

Apakah menulis CV itu mudah? 

Seperti apa yang telah disampaikan secara gamblang di atas, menulis CV itu sangat mudah jika memang Anda telah mengetahui langkah-langkahnya dengan baik. Langkah-langkah perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin untuk menghindari kesalahan baik dalam format, struktur, desain atau layout, maupun isinya.

Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam menulikan CV atau daftar riwayat hidup.

1. Salah menggunakan font

Beberapa orang menyangka kalau font yang bervariasi akan membuat CV menjadi semakin menarik. Namun, itu justru kebalikannya. Font yang beragam akan membuat pembaca menjadi bingung dan membuat mata merasa lelah ketika membacanya.
Anda cukup menggunakan satu font saja entah itu Arial atau Calibri dengan ukuran huruf 11. Jangan bermain-main dengan font ya jika ingin lamaran kerja Anda tidak berakhir sebagai sampah.

2. Layout penuh

Sebisa mungkin, sisakan space atau ruang kosong pada lembar CV Anda. Dengan demikian CV Anda tidak akan terkesan penuh dan beberapa informasi penting akan tetap terbaca.

3. Warna Mencolok

Selain jenis font yang tidak tepat akan membuat mata menjadi cepat lelah ketika membacanya, warna yang terlalu mencolok pun akan membuat mata cepat lelah. Gunakan warna yang lembut dan tidak mencolok mata.

4. Gunakan mesin pembuat CV Otomatis

Di  jaman yang serba digital ini sudah banyak mesin pembuat CV otomatis yang telah tersedia di internet. CV akan menjadi lebih menarik dan kreatif jika Anda membuatnya sendiri. Jadi, jangan pernah mengandalkan mesin pembuat CV.

5. Terlalu banyak Typo

Typo (salah pengejaan kata) yang terlalu banyak juga akan membuat pembaca menjadi malas. Selain itu, Anda juga akan terkesan tidak teliti dan terburu-buru.
Demikianlah contoh curriculum vitae yang baik dan benar lengkap dengan cara membuat dan jenis-jenisnya. Buatlah CV yang menarik dan kreatif.

Baca juga Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup (Bahasa Indonesia dan Inggris) Contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup (Bahasa Indonesia dan Inggris) Reviewed by Yunar W on August 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.