Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Remix Cash

8 Contoh Usaha Sampingan Bagi Karyawan Yang Layak Dicoba Sekarang

Usaha sampingan atau wirausaha akan menambah wawasan dan kreatifitas karyawan contohnya karyawan dipaksa berfikir agar usaha sampingan nya berjalan dengan baik, apabila menemui masalah atau hambatan maka kita harus mencari cara mengatasinya. Dengan memiliki usaha sampingan (berwirausaha) maka kehidupan kita sebagai karyawan tidak akan membosankan. Jangan terlalu memikirkan uang, jika anda berusaha dengan sungguh-sungguh, maka uang akan otomatis mengikuti, uang adalah akibat dari usaha yang telah anda lakukan.

Lakukan Usaha Sampingan Dengan Maksimal

Meskipun namanya usaha sampingan tetapi tetap harus dijalankan dengan maksimal. Jika anda ingin hasil dari usaha sampingan anda besar bahkan melebihi hasil pekerjaan tetap anda maka jalankan usaha sampingan dengan sungguh-sungguh layaknya berwirausaha adalah usaha anda satu satunya, jangan cepat menyerah dan lakukan dengan konsisten. Apabila menemui masalah jangan cepat berpindah ke usaha sampingan yang lain, karena dengan cepat berganti usaha dalam waktu singkat, maka anda tidak mendapatkan apa-apa dan harus belajar dari awal lagi. Saya ingat kegigihan seorang teman yang berjualan ikan hias, yang baru pada bulan ke 6 baru berhasil menjual  seekor ikan hias, dan itu merupakan awal dari keberhasilan wirausahanya sebagai penjual ikan hias.

Resiko Usaha Sampingan

Usaha sampingan memiliki resiko yaitu kerugian atas modal. Anda mungkin tidak cocok dengan satu  usaha tetapi cocok di bidang lain. Cara mengetahui usaha apa yang cocok bagi kita ialah dengan mencobanya. Memang ada resiko kehabisan modal /uang, tetapi kita tidak akan terlalu sengsara karena masih bekerja, jadi masih ada sumber penghasilan tetap. Menurut saya jika anda tidak pernah mencoba wirausaha melakukan usaha sampingan justru resiko anda semakin besar, karena sebagai karyawan anda bisa diberhentikan perusahaan kapanpun dengan alasan apapun. Apabila itu terjadi anda bisa mencari kerja lagi jika umur anda masih muda atau anda terpaksa harus ber-wirausaha, ingat untuk berhasil dalam suatu bisnis memerlukan waktu dan usaha yang sungguh-sungguh.

Berikut ini adalah contoh usaha sampingan yang dapat dilakukan karyawan:


1. Bisnis sebagai affiliate online

Usaha jenis ini dapat dilakukan dirumah jadi bisa disebut juga sebagai usaha rumahan. Lakukan sepulang anda bekerja, anda dapat meluangkan waktu 2-3 jam sehari dan dapat berkurang jika anda sudah mahir. Inti dari bisnis affiliate online ini ialah menjualkan barang milik orang lain, kita akan menerima komisi jika berhasil menjualkan barang tersebut melalui link atau URL khusus yang kita dapatkan dari vendor. Contohnya menjadi affiliate Amazon.

2. Usaha sampingan menjual pulsa

bisnis sampingan ini banyak dilakukan karyawan, mahasiswa, bahkan pelajar dan ibu rumah tangga, karena kemudahan dan ke fleksibel-an dalam melakukannya. Hanya bermodalkan sebuah handphone dan melakukan deposit sejumlah uang maka anda dapat langsung mulai berbisnis menjual pulsa. Bisnis pulsa memiliki margin yang kecil tetapi karena kebutuhan akan pulsa sangat tinggi maka penjualan pulsa menjadi menguntungkan.

3. Usaha menjual pakaian

Ini juga merupakan jenis usaha sampingan yang banyak dijalankan karyawan.  Seringkali kita menemui rekan-rekan kita yang datang ke kantor membawa barang dagangan berupa pakaian, dan biasanya bisa dibayar dengan mencicil. Pakaian disini bisa pakaian dewasa, anak-anak, bayi, ataupun aksesori seperti tas dan sepatu, serta dompet. Perhatikan juga kebijksanaan perusahaan tempat anda bekerja, apakah membolehkan karyawan nya melakukan usaha sampingan berjualan seperti ini? Jika tidak boleh anda bisa lakukan diluar jam kerja.

4. Usaha sampingan menjual makanan

Menjual makanan (biasanya kue) di lingkungan kantor juga banyak dilakukan karyawan, biasanya mereka menittipkan ke kantin atau langsung menawarkan kepada rekan kantor. Apabila makanan anda enak dengan harga yang pantas maka akan sering terjadi pemesanan ulang. Usaha menjual makanan ini salah satu yang tahan terhadap berbagai kondisi, karena manusia tetap memerlukan makanan apapun kondisi mereka.

5. Usaha sampingan membuka warnet

Saya menemui beberapa teman kantor yang membuka warnet di rumahnya dan biasanya teman saya  tersebut akan menjaga warnetnya sepulang kerja. Jika sedang bekerja warnet tersebut biasanya dijaga oleh agggota keluarga seperti istri, anak, keponakan, atau adiknya, bahkan sudah ada yang menyewa karyawan khusus. Masih layakkah saat ini membuka warnet sebagai usaha sampingan? Jika lokasi usaha di dekat kampus atau sekolahan, maka kesempatan ini masih layak dicoba.

6. Usaha sampingan pencucian motor

Dengan makin banyaknya kendaran terutama motor, maka bisnis pencucian sepeda motor juga sangat menjanjikan. Kita dapat membayar seseorang untuk menjalankan nya. Dengan ongkos sekali cuci sekitar 7000 rupiah kita masih bisa mendapatkan keuntungan apabila sehari sekitar 20 kendaraan dan hari kerja 5 hari, jika buka 7 hari seminggu maka akan semakin baik.

7. Membuka Warung di Rumah

Ini usaha sampingan yang sudah dilakukan orang sejak jaman dulu, anda bisa membuka warung kelontong berisi kebutuhan sehari-hari. Jika daerah anda agak jauh dari supermarket dan terdapat cukup banyak rumah, maka ada kemungkinan warung anda akan berjalan baik. Salah satu tantangan membuka warung adalah tetangga yang ngutang dagangan kita. Usahakan hindari memberikan utang dagangan karena akan menghambt acash flow kita.

8. Membuka Tempat cukur / Barber shop

Meskipun anda tidak mahir mencukur, anda bisa bekerjasama dengan tukang cukur yang memiliki keahlian tetapi tidak memiliki tempat usaha yang strategis. Anda tinggal menyediakan tempat usaha dan berbagi keuntungan dengan tukang cukur tersebut.
Jika hasilnya bagus and bisa memperluas usaha dengan dengan membuka tempat cukur di beberapa tempat sekaligus.

Semoga posting saya kali ini membuka wawasan / memberi semangat kepada para karyawan yang masih bekerja, ingat setinggi apapun jabatan anda di suatu perusahaan jika anda bukan pemilik maka anda tidak bisa mewariskan jabatan tinggi tersebut kepada anak cucu.
Apabila anda memiliki warung maka warung tersebut dapat diwariskan karena anda adalah pemiliknya. Semoga usaha sampingan anda berhasil.

Post a Comment for "8 Contoh Usaha Sampingan Bagi Karyawan Yang Layak Dicoba Sekarang"