Hawkhost

Inilah Cara Membuat Aplikasi Android

Untuk saat ini, smartphone menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki hampir setiap orang. Hal ini bisa terjadi karena kehadiran gadget benar-benar bisa membantu aktivitas sehari-hari manusia. Namun apakah kamu pernah kepikiran bagaimana cara membuat aplikasi Android?


Seiring perkembangan teknologi, orang awam sekalipun kini bisa menciptakan sebuah aplikasi Android sederhana. Jadi ketika kamu membutuhkan sebuah aplikasi khusus untuk membantu pekerjaan seperti mendukung aktivitas jual hosting misalnya, kamu tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, kamu bisa langsung membuat sebuah software atau aplikasi untuk perangkat Android yang digunakan.

Inilah Cara Membuat Aplikasi Android

 
Menariknya, kamu juga tidak perlu belajar atau memahami seputar coding. Penasaran bagaimana cara membuat aplikasi android tanpa coding, simak informasi berikut ini!

Baca juga : apa itu coding ?
Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Untuk membuat aplikasi Android, tools atau alat utama yang kamu butuhkan adalah aplikasi yang bernama Android Studio. Meskipun terlihat cukup mudah, cara membuat aplikasi Android dengan Android Studio sendiri tidak sesederhana yang dibayangkan, dan diperlukan ketelitian ekstra saat membuatnya.

1. Install dan setting Android Studio


Android Studio adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna untuk menciptakan software Android melalui laptop atau PC. Namun selain Android Studio, ada beberapa software lain yang juga harus kamu install. Untuk penjelasan lebih lengkapnya lagi, simak tahapan awal dalam cara membuat aplikasi Android berikut ini.


1. Langkah pertama, silahkan download dulu Java Development Kit (JDK) di PC atau laptop milikmu. JDK sendiri merupakan software development environment yang akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi Java.


2. Setelah JDK sudah berhasil didownload dan diinstall, sekarang download Android Studio, dan jangan lupa juga untuk menginstal aplikasi tersebut.


3. Jika sudah, buka aplikasi Android Studio, dan akan muncul sebuah kotak dialog terkait dengan konfigurasi awal pada Android Studio yang digunakan.


4. Apabila ini adalah pertama kali kamu menggunakan Android Studio, maka klik pada opsi do not import settings, lalu klik next.


5. Nah, sekarang silahkan pilih tema Studio Android yang akan digunakan.


6. Jangan lupa untuk memberi checklist pada opsi Android Virtual Device bila kamu akan menginstal emulator android di laptop atau PC.


7. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk menentukan kapasitas RAM yang digunakan oleh emulator. Silahkan tentukan RAM tersebut sesuai keinginan.


8. Lalu klik finish, dan Android Studio akan download berbagai macam file yang diperlukan.


9. Langkah berikutnya, silahkan install Software Development Kit (SDK).


10. Beri checklist pada OS Android yang SDK-nya akan diinstall di PC atau laptop.

2. Membuat aplikasi dengan Android Studio


Nah, setelah semua alat atau software yang dibutuhkan sudah diinstall dan dipersiapkan, kini saatnya masuk ke tahapan pembuatan aplikasi. Untuk itu, simak cara membuat aplikasi android sederhana dengan menggunakan Android Studio berikut ini.


1. Langkah pertama, buka aplikasi Android Studio, lalu klik pada menu new android studio project.


2. Setelah itu, kasih nama aplikasi yang akan dibuat serta tentukan lokasi untuk menyimpan project dari Android Studio yang sedang digunakan.


3. Kemudian pilihlah minimum OS Android yang diperlukan untuk bisa menjalankan aplikasi buatanmu.


4. Klik pada menu empty activity, kasih nama pada activity yang dibuat, kemudian klik tombol Finish.


5. Ketika tampilan dari Environment Android Studio sudah muncul, kamu hanya perlu fokus pada bagian main activity serta activity_main.xml saja.


6. Selanjutnya bukalah file activity_main.xml, dan jalankan aplikasi Android dengan menekan tombol play warna hijau.


7. Lalu pilih lokasi dimana akan ingin menjalankan aplikasi Android yang dibuat tersebut.


8. Sekarang ambil smartphone Android milikmu, buka menu settings atau pengaturan, lalu masuk ke dalam menu developer options.


9. Aktifkan mode USB Debugging, lalu hubungkan smartphone dengan PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB.


10. Apabila muncul peringatan di ponsel Android terkait perizinan USB Debugging, klik pada tombol Allow.


11. Nah, sekarang kamu perlu menginstal driver smartphone Android pada PC atau laptop.


12. Jika sudah, sekarang kembali ke dalam aplikasi Android Studio.


13. Nantinya device Android yang terhubung akan muncul pada bagian dialog, tepatnya di menu Connected Devices.


14. Klik pada device Android tersebut, kemudian klik OK pada kotak yang muncul.


15. Tunggu prosesnya dengan sabar hingga proses selesai berjalan.


16. Nantinya, aplikasi Android yang dibuat akan berjalan di smartphone Android tersebut.


Bisa dibilang jika Android Studio adalah aplikasi yang bersifat multiplatform alias bisa digunakan di berbagai sistem operasi. Selain itu, aplikasi ini juga punya tampilan antarmuka yang sifatnya user-friendly. Bahkan orang yang baru pertama kali menggunakannya pun bisa dengan mudah memahami setiap menu yang ada.


Jadi jika kamu memiliki kesungguhan untuk belajar menguasai aplikasi tersebut, kamu dapat menciptakan aplikasi yang keren. Langkah-langkah yang dijelaskan di atas sebenarnya hanya cara membuat aplikasi Android secara dasar. Kamu bisa lebih berkreasi dengan aplikasi apa yang nantinya akan diciptakan. Selamat mencoba!

0 Response to "Inilah Cara Membuat Aplikasi Android"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel