Cara Membuat Website Untuk Pemula, Mudah Dan Tidak Ribet!

Belum lengkap rasanya jika Anda memiliki sebuah toko atau bisnis online namun belum memiliki website sendiri. Hanya mengandalkan pemasaran melalui sosial media atau marketplace juga dirasa kurang pas. Mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk membuat sebuah website pribadi untuk menunjang aktivitas usaha Anda. Namun, bagaimanakah cara membuat website bagi pemula yang mudah dan tidak ribet? Yuk simak uraian berikut.
cara membuat website
Pixabay.com


Langkah-langkah Membuat Website Sebagai Aset Bisnis


Dalam dunia nyata, website dapat diibaratkan sebuah rumah atau toko milik pribadi tempat Anda memajang produk atau barang dagangan, sedangkan marketplace bisa diibaratkan toko atau space yang Anda sewa di sebuah Mall. Website dianggap cukup penting sekali keberadaannya karena secara langsung dapat meningkatkan kredibilitas pemilik usaha.

Cara membuat website sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Namun, sebelum menginjak pada langkah-langkahnya, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu beberapa kosakata di bawah ini agar nantinya bisa lebih mengerti dan paham mengenai apa yang dijelaskan.

1. Website, adalah sebuah tempat di internet yang berisi konten teks, gambar, video, suara. Jika di dunia nyata, website bisa dianalogikan sebagai sebuah rumah atau bangunan.

2. Hosting, adalah lokasi yang menyewakan sebuah tempat untuk menyimpan data-data yang dimiliki oleh sebuah website. Jika dianalogikan, hosting seperti sebuah Mall yang menyewakan kios atau toko, atau bisa juga sebuah lokasi yang disewakan untuk bangunan atau rumah tertentu.

3. Domain, adalah alamat dimana sebuah website berada.

Dari sini apakah Anda cukup mengerti? Cukup mudah bukan? Selanjutnya mari mempelajari cara membuat website yang cepat dan anti ribet. Langkah yang harus Anda lakukan adalah :

a. Menentukan Nama Domain dan Hosting

- Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah alamat domain yang menarik dan mudah diingat. Anda harus bisa menciptakan sebuah nama yang mewakili diri atau jenis usaha, berkesan, mudah dieja, tidak menggunakan simbol namun harus singkat dan tepat. Jangan melebihi dua puluh karakter karena hanya akan mempersulit para penggunanya.

- Kedua, memilih paket atau tempat hosting yang cocok dan sesuai. Ada beragam pilihan hosting baik yang berbayar ataupun gratis. Jika Anda ingin menggunakan hosting gratis, Anda bisa menggunakan WordPress, Tumblr, Blogger, Blogspot, Blogdetik dan lain sebagainya. Sedangkan untuk hosting berbayar, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan, jenis website yang akan dibangun, lokasi server, dan fasilitas yang disediakan oleh hosting.

- Ketiga, setelah menemukan nama yang cocok dan tempat yang sesuai, Anda bisa mulai mendaftar domain dan hosting tersebut. Langkah-langkahnya bisa menyesuaikan dengan hosting yang Anda pilih. Setiap lokasi memiliki ketentuan dan cara yang berbeda.

b. Menginstal Hosting yang Anda pilih

Jika Anda memilih untuk menggunakan hosting gratis seperti wordpress, hal yang harus Anda lakukan pertama adalah mendaftar hosting dan kemudian melakukan pengaktifan melalui email konfirmasi. Langkah atau cara membuat website selanjutnya adalah masuk ke menu c-panel untuk melakukan set up website.

c. Customisasi Website sesuai yang Anda Kehendaki

Setelah selesai melakukan setting melalui cpanel, Anda bisa melakukan perubahan-perubahan dengan mengganti tema dengan plugin theme untuk memperindah website Anda. Perubahannya dapat Anda lakukan dari halaman admin yang bisa Anda lihat di dalam website.

Itulah cara membuat website dengan mudah dan cepat. Memang pada awalnya akan sedikit membingungkan apalagi jika Anda belum pernah membuat website, namun jika setiap hari Anda menyempatkan waktu untuk mendalaminya, maka lama kelamaan Anda akan segera menguasainya.

0 Response to "Cara Membuat Website Untuk Pemula, Mudah Dan Tidak Ribet! "

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel