Cara Membuat Cilok Sebagai Camilan Sehat Dan Lezat

Apakah Anda salah satu penggemar cemilan cilok? Daripada harus membelinya di luar yang kita tidak tahu kebersihannya, lebih baik jika Anda membuatnya sendiri. Cara membuat cilok cukup mudah dan dapat Anda membuatnya sendiri di rumah untuk dijadikan cemilan disaat berkumpul dengan keluarga. Selain itu cilok juga bisa dijadikan suguhan saat berkumpul dengan teman agar cemilan yang disajikan benar-benar berkesan karena kelezatannya. Untuk bumbunya, nanti Anda dapat menyesuaikan dengan selera Anda dengan menggunakan bumbu kacang maupun saus sambal sehingga lebih nikmat.
cara membuat cilok


Langkah Mudah Membuat Cilok


Cilok adalah makanan khas dari Bandung yang biasanya dijajakan di pinggir jalan. Nama cilok sendiri ternyata berasal dari singkatan aci dicolok karena bahan dasar pembuatannya dari tepung tapioka. Yuk simak bahan dan langkah cara pembuatan cilok berikut ini.

Bahan :

1. 110 gram tepung terigu

2. 100 gram tepung tapioka

3. 1 sendok teh merica bubuk

4. 1 sendok teh gram

5. 1 siung bawang putih yang dihaluskan

6. 1 batang daun bawang yang diiris halus

7. 1 sendok teh gula pasir

8. 1 sendok teh penyedap rasa sapi atau ayam

9. 200 ml air panas

Langkah cara membuat cilok sederhana yang mudah dilakukan :


1. Campurkan tepung terigu, dun bawang yang sudah diiris halus, bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap rasa, gula pasir, dan garam.

2. Campur semuanya hingga merata dan tuangkan air panas dengan perlahan hingga adonan sudah cukup mengental, basah dan kalis.

3. Tambahkan tepung tapioka dan uleni dengan tangan agar adonan tercampur merata. Jangan lupa sambil Anda koreksi rasanya.

4. Bentuk adonan hingga membentuk bulatan-bulatan kecil sesuai besarnya cilok yang Anda inginkan.

5. Siapkan panci yang diisi air dan tunggu hingga mendidih.

6. Setelah air sudah benar-benar mendidih, masukkan cilok yang sudah dibentuk ke dalam air.

7. Tunggu cilok hingga mengapung yang menandakan bahwa cilok sudah matang.


Untuk membuat bumbunya, nanti bisa Anda sesuaikan dengan selera. Bila hanya ingin bumbu saus dan cabai, Anda tinggal menghaluskan cabai dan mencampurnya dengan saus. Anda dapat mengatur sendiri tingkat kepedasan saus sesuai selera. Pilihan lainnya adalah menambahkan bumbu kacang sebagai sausnya. Bumbu kacang ini akan membuat cilok Anda semakin lezat dan istimewa dibandingkan yang dijual di tepi jalan.

Cara Membuat Saus Kacang Untuk Bumbu Cilok


Berikut ini adalah cara pembuatan saus kacang yang bisa menambah kenikmatan cilok buatan Anda.

Bahan :

1. 100 gram kacang tanah yang sudah digoreng

2. Cabe rawit merah (gunkan sesuai dengan selera)

3. 4 sendok makan gula merah

4. 2 siung bawang putih

5. 1 sendok makan asam jawa

6. Minyak secukupnya

7. 1 sendok teh garam

8. 200 ml air

Cara membuat saus kacang :


1. Tumbuk dan haluskan kacang hingga benar-benar halus dan tambahkanlah gula merah, cabai sesuai selera, bawang putih dan garam.

2. Tumis campuran tersebut dengan sedikit minyak goreng dan tunggu hingga aroma harumnya tercium.

3. Setelah itu Anda dapat menambahkannya dengan air secukupnya sesuai dengan tingkat kekentalan saus yang Anda inginkan.

Ternyata membuat cilok sangat mudah bukan? Anda bisa menjadikannya sebagai camilan keluarga Anda agar anak tidak jajan sembarangan di luar. Anda pasti tidak mau bukan anggota keluarga Anda sakit hanya karena makan makanan yang dibeli di pinggir jalan yang tidak terjamin kebersihannya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu membuatnya sendiri dengan panduan cara membuat cilok di atas.

Agar lebih bergizi, Anda juga bisa memberikan isian di dalam ciloknya dengan menggunakan daging giling atau telur puyuh. Rasanya pasti tambah istimewa. Pastikan bahan yang digunakan adalah yang berkualitas agar memberikan nutrisi yang baik bagi Anda. Semoga resep membuat cilok aci sederhana ini dapat membantu dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Cilok Sebagai Camilan Sehat Dan Lezat"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel