Kisah Sukses Joey Alexander, Pianis Kecil Dengan Bakat Menakjubkan

Seorang pianis muda yang berbakat, Joey Alexander, adalah merupakan satu dari banyak generasi muda Indonesia yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah industri musik dunia. Dengan kepiawaiannya mengalunkan nada musik jazz, si kecil cabe rawit ini bahkan mampu berdiri sepanggung dengan artis-artis dan seniman kelas dunia. Siapakah Joey Alexander ini? Berikut ringkasan kisah perjalanan hidupnya.
joey alexander
www.deseretnews.com


Biografi Joey Alexander

Anak muda kelahiran Denpasar, Bali pada tanggal 25 Juni 2003 ini memiliki nama lengkap Josiah Alexander Sila. Ayahnya bernama Denny Sila, seorang musisi amatir dan merupakan penggemar musik jazz. Sedangkan ibunya bernama Farah Leonora Urbach yang masih memiliki hubungan kerabat dengan artis Indonesia, Nafa Urbach. Ibu Joey berprofesi sebagai seorang pengusaha di bidang bisnis wisata. Jiwa seni mengalir dari kedua orang tua Joey. Sejak kecil Joey telah menunjukkan bakat dan minat terhadap musik jazz yang sering ia dengar dari album-album ayahnya.

Joey mempelajari musik jazz secara alami atau otodidak. Pada usia 6 tahun, ayahnya memberikan hadiah berupa keyboard listrik kecil. Dari sinilah, Joey kecil berusaha untuk terus mengasah kemampuannya. Berbekal bakat dan minat yang tinggi, Joey mulai ikut jamming bersama musisi-musisi di Bali pada saat itu. Di samping itu, tidak ada kursus formal yang bisa diikutinya. Melihat keteguhan hati Joey, kedua orang tuanya memutuskan untuk menutup bisnis wisatanya dan pindah ke daerah di mana Joey bisa mendapatkan pengajaran dengan lebih profesional.

Karir Bermusik Joey Alexander

Cinta terhadap musik jazz sejatinya telah hidup dalam jiwa Joey sejak kecil. Ia begitu menikmati setiap lagu atau gubahan yang didengarnya. Berdasarkan pengalaman mendengar dan mencintai inilah, perkembangan kemampuan Joey dalam bermusik tumbuh dengan signifikan. Bakat dan minat ditampung dalam wadah yang tepat akan menghasilkan suatu pencapaian yang tinggi.

Pada usia 8 tahun, Joey diminta untuk bermain di depan Herbie Hancock, seorang musisi jazz kelas dunia. Permainan piano Joey mendatangkan decak kagum dan pujian dari Hancock. Pada usia 9 tahun, Joey memperoleh Grand Prix dalam Master Jam Fest tahun 2013. Festival ini merupakan kompetisi musik jazz dari segala usia yang diikuti oleh 43 musisi yang berasal dari 17 negara. Kompetisi ini diadakan di Odessa Ukraina.

Pada tahun 2014, Joey dan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Amerika. Dimana ia bisa lebih dalam lagi mempelajari dan fokus terhadap musik jazz. Kepandaian Joey dalam menguasai teknik piano dan berimprovisasi merupakan senjata yang paling diandalkannya. Kemampuannya semakin meningkat hingga pada tanggal 12 mei 2015, Joey mengeluarkan sebuah album yang berjudul My Favourite Things dibawah payung perusahaan rekaman bernama Motema Record, New York.

Melalui album yang ditelurkannya ini, Joey berhasil meraih perhatian publik lebih luas lagi. Albumnya masuk ke dalam nominasi anugerah Grammy Awards pada tahun 2016. Ia dinominasikan dalam dua kategori yaitu Improvisasi Jazz Solo Terbaik untuk karyanya yang berjudul Giant Steps dan Album Instrumentasl Jazz terbaik untuk albumnya My Favourite Things.

Joey Alexander merupakan artis Indonesia ke dua yang bisa membawa nama Indonesia berkibar dalam penghargaan musik dunia. Yang pertama adalah Anggun C Sasmi. Dengan demikian, Indonesia semakin banyak memiliki bakat-bakat di dunia seni. Pada Grammy Award tahun 2016 tersebut, Joey berkesempatan untuk berdiri sepanggung dengan beberapa artis dunia seperti Adele, Taylor Swift, Ed Sheeran dan Bruno Mars. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi negara Indonesia.

Dalam usianya yang masih sangat belia, Joey telah membuktikan bahwa ia mampu disejajarkan dengan orang-orang dewasa lainnya. Hal inilah yang menjadikannya seorang yang patut ditiru dan dipanuti. Sungguh ketekunan dan keuletan untuk memperdalam suatu ilmu akan membawa manfaat yang tak terduga.

0 Response to "Kisah Sukses Joey Alexander, Pianis Kecil Dengan Bakat Menakjubkan"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel