3 Jenis Nyamuk yang Paling Mematikan Manusia, Awas Hati Hati!


Menurut penelitian yang didanai oleh Bill Gates menyatakan bahwa nyamuk merupakan hewan pembunuh manusia paling banyak setiap tahunnya. Bahkan hewan kecil bersayap ini mampu membunuh lebih dari 725.000 manusia setiap tahunnya, lebih ganas dibanding dengan hewan-hewan buas lainnya. Seperti harimau, ular, dll yang tak lebih memangsa 100.000 pertahunnya.

Dari 457 jenis nyamuk yang terdiri dari 18 marga ada 3 jenis nyamuk yang paling mematikan manusia. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Anda wajib menyimak dengan seksama ulasan mengenai 3 jenis nyamuk yang paling mematikan manusia di bawah ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Inilah Jenis Nyamuk yang Paling Mematikan untuk Manusia

1. Nyamuk Aedes Aegypti

Aedes Aegypti
Aedes Aegypti via Wikipedia.org

Nyamuk Aedes Aegypti masuk dalam list nyamuk berbahaya di dunia. Nyamuk ini mampu menyebarkan virus dengue yaitu virus yang menyebabkan penyakit demam berdarah (DB). Tak hanya itu, nyamuk Aedes Aegypti ini juga mampu menyebabkan timbulnya virus zika, chikungunya, hingga demam kuning.

Pernyataan ini juga diperkuat dengan hasil riset yang dilakukan oleh WHO. Menurut data resmi dari WHO menyatakan bahwa 20 juta orang yang tersebar di 100 negara terinfeksi penyakit demam berdarah setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2004 silam sudah merenggut nyawa manusia mencapai angka 907 jiwa.

2. Nyamuk Culex

Culex Tritaeniorhynchus
Culex Tritaeniorhynchus via malangtoday.net

Secara umum penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk Culex ini memang belum populer dan diketahui banyak orang. Namun menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa nyamuk Culex merupakan nyamuk menyebarkan virus Japnese Enchepalitis (JE). Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melalui laman resminya menyatakan bahwa penyakit yang ditimbulkan karena virus Japnese Enchepalitis (JE) ini adalah penyakit radang otak.

Berdasarkan hasil riset dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bahwa tahun 2016 silam Indonesia mengalami krisis kesehatan masyarakat akan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk Culex ini. Bahkan data menyebutkan ada lebih dari 326 kasus penyakit radang otak yang diderita oleh masyarakat Indonesia. Dari banyaknya wilayah di Indonesia yang memiliki peluang berkembangnya nyamuk Culex yang sama, namun provinsi Bali lah yang mendapat serangan Nyamuk Culex paling banyak, yaitu mencapai 69,3%.

3. Nyamuk Anopheles

Nyamuk Anopheles
Nyamuk Anopheles via scientistsagainstmalaria.net

Penyakit malaria umumnya disebabkan karena gigitan nyamuk Anopheles yang sudah terinfeksi virus parasit. Secara umum penyakit malaria tak begitu asing ditelinga masyarakat Indonesia pada umumnya. Pasalnya banyak khalayak ramai yang sering terjangkit penyakit yang disebabkan karena inveski parasit dari gigitan nyamuk Anopheles tersebut.

Bahkan saking ganasnya parasit yang di tularkan oleh nyamuk Anopheles ini seseorang mampu terinfeksi penyakit malaria hanya dengan satu kali gigitan. Parasit yang dibawa oleh nyamuk Anopheles ini tergolong kedalam jenis parasit yang membahayakan. Oleh sebab itu jikalau tak ditangani dengan benar, hal ini mampu menyebabkan kematian seseorang.

Dilansir dari data resmi WHO menyatakan bahwa terdapat 4,2 miliar orang yang rentan terhadap penyakit malaria ini. Bahkan pada tahun 2015 silam tercatat telah ditemukan kurang lebih 214 juta jiwa yang terinfeksi virus parasit gigitan nyamuk Anopheles penyebab penyakit malaria. Nah dari data tersebut menyatakan bahwa 438 ribu jiwa diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Nah itulah informai terkait 3 jenis nyamuk yang mematikan manusia di belahan dunia. Oleh sebab itu lakukanlah beberapa upaya pencegahan secara maksimal agar tidak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh 3 jenis nyamuk yang mematikan manusia tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

3 Jenis Nyamuk yang Paling Mematikan Manusia, Awas Hati Hati! 3 Jenis Nyamuk yang Paling Mematikan Manusia, Awas Hati Hati! Reviewed by Bunda Lexi on March 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.