7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


Moringa Oleifera atau yang biasa disebut dengan pohon kelor merupakan salah satu endemis flora asli yang tumbuh di Indonesia. Bukan hanya sekedar tanaman biasa, pohon kelor dikenal sebagai pohon obat yang baik bagi kesehatan. Nah, manfaat daun kelor bagi kesehatan tersebut berasal dari zat serta nutrisi yang terkandung didalamnya. Biasanya bagian daunlah yang paling banyak digunakan sebagai bahan pengobatan alami.
manfaat dau kelor


Fakta tersebut juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kegunaan daun kelor bagi kesehatan ini sangat banyak. Nah bagi Anda yang belum mengetahui secara pasti apa saja khasiat daun kelor bagi kesehatan, inilah penjelasannya untuk Anda.

Inilah Kegunaan Daun Kelor bagi Kesehatan


1. Mencegah Penyakit Hati

Meskipun memiliki bentuk fisik yang kecil, namun tahukah Anda bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan ini sangat beragam, salah satunya yaitu mampu mencegah penyakit hati atau liver. Biasanya penyakit yang sering menyerang hati adalah kerusakan jaringan. Kandungan zat aktif pada daun kelor terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan pada jaringan organ hati. Nah, khasiat daun kelor bagi kesehatan ini juga sudah dibuktikan oleh penelitian laboraturium yang sudah dimuat dalam Asian Pacific Journal of Cancer.


2. Menangkal Radikal Bebas

Sejak jaman dulu daun kelor sudah terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh dalam menangkal radikal bebas. Berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya mampu mengikat radikal bebas penyebab penuaan dini serta kerusakan organ lainnya. Bahkan radikal bebas ini mampu memicu penyakit kanker. Oleh karenanya supaya kesehatan tetap terjaga dengan baik rutinlah mengkonsumsi daun kelor.


3. Mencegah Kanker

Setiap manusia memiliki peluang untuk terkena penyakit kanker sangat tinggi. Hal ini tak lain dan tak bukan karena adanya zat radikal bebas yang masuk kedalam sel tubuh dalam jumlah banyak. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 silam menyatakan bahwa daun kelor mengandung enzim yang mampu melindungi sel-sel tertentu dalam tubuh dari zat karsinogen yang notabene merupakan zat penyebab kanker. Nah untuk meminimalisir resiko penyakit kanker Anda disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor secara rutin.


4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kadar gula mampu berkurang hingga 13,5% apabila mengkonsumsi daun kelor selama 3 bulan secara rutin. Pasalnya kadar gula yang tinggi ini tak hanya mampu menyebabkan penyakit diabetes saja namun juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh lainnya.


5. Meredakan Peradangan

Pohon yang kaya akan kandungan senyawa quercetin ini jika dipadukan dengan teh panas ternyata mampu meredakan segala jenis peradangan. Jangan anggap enteng meskipun hanya peradangan, tetapi gejala ini mampu memicu terjadinya infeksi pada organ-oragn tertentu.


6. Menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, sepertinya mengkonsumsi daun kelor mampu dijadikan sebagai obat alami yang paling efektif. Pasalnya kandungan zat pada daun kelor ini memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol pada tubuh.


7. Melawan Infeksi

Daun kelor juga dibekali dengan kemampuan melawan seluruh virus dan bakteri penyebab infeksi berkat kandungan antimikroba yang dikandungnya

Bagaimana apakah Anda sudah mengetahui khasiat daun kelor? Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Ternyata ada beberapa tumbuhan alami dengan segudang manfaat untuk meredakan beberapa penyakit berat yang dialami oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

0 Response to "7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel