Fakta Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bendera Indonesia


Fakta Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bendera Indonesia - Bendera Indonesia berkibar di langit tinggi sepanjang tahun, bukan hanya pada 17 Agustus. Bendera ini membangkitkan emosi patriotisme, tetapi seberapa banyak yang kita ketahui tentang asal usul bendera Indonesia.

Dilihat dari desain yang sederhana berupa garis merah dan putih, bendera Indonesia ini memiliki sejarah panjang. Pertama kali dikaitkan dengan Kerajaan Majapahit, yang berkembang dari abad ke-13 hingga ke-16 di Jawa Timur, dan menggabungkan simbolisme warna tradisional, merah untuk keberanian dan putih untuk kejujuran.
bendera indonesia

Arti Bendera

Indonesia tidak memiliki arti resmi atas benderanya. Namun, ada teori dan pendapat tentang apa yang diwakili oleh desain bendera tersebut. Salah satu contoh adalah bahwa warna-warna bendera mewakili keberanian dan kemurnian. Teori lain adalah bahwa bendera itu mewakili manusia, putih melambangkan jiwa, sedangkan merah melambangkan tubuh manusia yang sebenarnya.

Warna Bendera

Warna bendera Indonesia merah dan putih. Ini membanggakan desain yang sederhana, dengan pita horizon atas merah yang sedikit lebih kecil dari pita horizontal putih di bawah ini. Seperti disebutkan sebelumnya, ada pendapat berbeda tentang mengapa warna-warna ini dipilih.

Warna-warna ini, bagaimanapun, selalu digunakan sebagai warna seremonial oleh orang Indonesia. Ini dilakukan dengan mencampur gula merah dengan nasi putih, yang merupakan komponen utama masakan negara. Bendera ini sangat mirip dengan bendera nasional Monako , dengan hanya rasio dimensi yang menjadi faktor yang berbeda.

Berikut adalah 5 fakta penting yang perlu Anda ketahui tentang bendera Indonesia


Bendera Kemerdekaan

Pada tahun 1922, bendera Merah Putih dilarang oleh Belanda karena merupakan simbol keinginan aktivis Indonesia untuk merdeka dari kolonialisme Belanda. Meskipun demikian, bendera ini dikibarkan pada tahun 1928 oleh para nasionalis di pulau Jawa untuk mewakili kampanye kemerdekaan Indonesia.

Bendera Deklarasi

Bendera indonesia secara resmi diadopsi pada 17 Agustus 1945, dikibarkan untuk pertama kalinya di luar rumah Presiden Soekarno ketika ia secara terbuka menyatakan kemerdekaan. Fakta asyik secara pribadi dijahit oleh istri Presiden Soekarno, Ny. Fatmawati Soekarno.

Bendera asli Indonesia ini, yang dikenal sebagai Bendera Pusaka (bendera pusaka), dikibarkan setiap tahun sampai kerekan terakhirnya pada 17 Agustus 1968. Karena kerapuhannya, bendera ini sejak itu disimpan di Istana Negara untuk disimpan dengan aman.

Bendera dengan Nama

Nama resmi bendera Indonesia adalah Sang Merah-Putih . Mirip dengan Tricolor of France, ia juga dikenal sebagai Sang Dwiwarna. Ia juga dikenal sebagai Sang Saka Merah-Putih, tetapi ini mengacu pada Bendera Pusaka, bendera asli pertama yang dikibarkan pada hari deklarasi kemerdekaan pada tahun 1945.

Bendera Dua Warna

Setengah Merah mewakili kehidupan fisik, berdiri untuk keberanian dan pengorbanan. Setengah putih melambangkan jiwa manusia yang mewakili kemurnian dan kedamaian. Menyatukan dua warna mewakili manusia yang lengkap.

Namun, maknanya lebih dalam. Merah dan Putih adalah suci dalam mitologi Austronesia, melambangkan Ibu Pertiwi dan Bapa Langit. Merah-putih juga pernah ditampilkan sebagai bendera Kerajaan Majapahit abad ke-13. Sekarang sejarahnya.

Upacara Pengibaran Bendera

Untuk memperingati hari khusus kemerdekaan, pegawai negeri akan melakukan upacara pengibaran bendera pada tanggal 17 setiap bulan. Untuk sekolah lokal Indonesia, siswa di seluruh negeri mengibarkan bendera setiap hari Senin untuk memulai minggu mereka dengan bangga.

Semakin lama Indonesia ada sebagai negara merdeka, semakin penting untuk mengingat bahwa kebebasan adalah konsep yang sangat baru bagi negara. Perjuangan untuk kemerdekaan tidak terjadi dalam semalam. Itulah sebabnya cara terbaik untuk menghormati pengorbanan kemerdekaan adalah dengan mengetahui sejarah bendera indonesia dan latar belakang bendera yang berkibar di atas kepala kita setiap minggu.

Fakta Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bendera Indonesia Fakta Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bendera Indonesia Reviewed by Bunda Lexi on March 10, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.