Merayakan Hari Batik Nasional 2 Oktober Di Pabrik Rancaekek

Hari Batik Nasional - Well meskipun saya saat ini sudah tidak lagi bekerja di pabrik garment di Rancaekek, tetapi kenangan itu masih tetap ada. Ya setiap tanggal 2 Oktober kami memperingati hari batik Nasional tentu saja dengan memakai Batik.

Departemen HRD berkeliling pabrik untuk memotret orang-orangyang bekerja memakai batik. Pemotretan dilakukan secara terang-terangan maupun candid. Hasilnya nanti di pilih (nggak tau siapa yang memilih) dan pemenangnya akan diumumkan dan ditempel di papan pengumuman dan tentu saja pemenang mendapat hadiah uang. Tidak terlalu besar tetapi tetap membuat para karyawan heboh dan bergembira.

Pada hari batik nasional pabrik kami benar-benar berubah tampilannya, terutama orang-orangnya nya semua tampak ceria, suasanya seperti hari Jumat (weekend) meskipun bukan hari Jumat.
Orang-orang banyak sekali yang berselfie maupun wefie, ini di dukung juga oleh lingkungan pabrik yang asri. 

hari batik nasional
Teh Icha sedang membatik

Sejarah hari batik nasional

Hari batik Nasional diadakan setelah ada keputusan dari UNESCO yang mengakui Batik, Keris, dan beberapa hal lainnya sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia. Keputusan itu diadakan di Abu Dhabi pada tanggal 2 Oktober 2009. Berdasarkan itulah maka hari batik nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Lingkungan yang asri dan pakaian batik

Tidak seperti lingkungan pabrik lokal pada umumnya yang kebanyakan memiliki suasana gersang, panas dan agak kotor, pabrik garment kami di Rancaekek (perbatasan Bandung - Sumedang) tampak bersih dan sangat asri. Banyak lahan kosong yang ditanami berbagai tanaman berupa pohon besar seperti pohon beringin dan pohon mahoni, buah-buahan (terutama buah mangga) maupun bunga-bunga yang indah, seperti bunga Bougenville dan beberapa bunga yang saya tidak tahu namanya. Bahkan dibelakang pabrik ada suatu area pembibitan tanaman, keren kan.

Keadaan inilah yang menambah istimewa saat semua orang memakai batik dan ber wefie menggunakan batik dengan backgroud yang hijau.

Selain tanaman, pabrik kami juga memelihara beberapa ekor bebek dan angsa serta ikan, belum lagi beberapa hewan ayng tidak dipelihara alias liar seperti ular dan burung. Sebelum saya masuk pabrik kami juga memeilihara sepasang kambing, hanya saja pada akhirnya keduanya mati, dan HRD lah yang paling disalahkan atas hal ini. Jadi HRD kami juga merangkap ARD (Animal Resource Development) ha ha...

Berikut ini adalah beberapa contoh foto saat memperingati hari batik nasional:
batik dengan background pabrik yang asri
Ms. Remy memakai batik di area depan


Batik dan warna hijau di pabrik
Ms Remy selfie dengan background lingkungan yang hijau asri

wefie batik
Rekan-rekan QC merayakan hari batik nasional

kompak seragam batik
Seragam batik, kompak banget nih Gartech

batik dan baju adat sunda
Mojang dan Jajaka Sunda memakai batik :-)

colorful batik
Batik berwarna warni

para expatriate pun memakai batik
Ms. Remy dan Mr. Steve Hardy memakai batik berfoto bersama

Status Facebook rekan di pabrik menjelang hari batik nasional

status di FB mengingatkan untuk menggunakan Batik keesokan harinya
status FB sehari sebelum hari batik nasional


Video Youtube tentang Lagu BATIK FRIDAY (Kvitland feat. Maylaffayza)

Bahkan ada sebuah lagu yang dibuat oleh Kvitland (itu lho orang Norwegia yang pernah nge hits di Indonesia gara-gara menyanyikan lagu tentang nasi Padang) yang menceritakan keadaan setiap hari Jumat yang terasa lebih hidup karena banyak orang memakai Batik.


Demikian postingan ini saya buat untuk memperingati hari batik nasional juga sebagai pengingat bahwa  antara tahun 1998 - 2018 ada sebuah pabrik garment yang lingkuangan nya asri serta menyenangkan.

Oya semua gambar diatas saya ambil dari Facebook.com meskipun demikian jika ada teman yang keberatan dengan fotonya silahkan hubungi saya dan akan saya remove dari postingan ini.


Merayakan Hari Batik Nasional 2 Oktober Di Pabrik Rancaekek Merayakan Hari Batik Nasional 2 Oktober Di Pabrik Rancaekek Reviewed by Yunar W on November 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.