Pengertian Jujur Beserta Contoh Dalam Keseharian

Jujur merupakan sebuah kata yang mudah diucapkan, banyak dicari, banyak dianjurkan, tetapi berat untuk dilaksanakan. Pengertian jujur sudah seringkali diterangkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia jujur berarti tidak berbohong -lurus hati, tidak curang, tulus dan ikhlas.

Kejujuran harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena itu akan sangat bermanfaat bagi mereka saat beranjak dewasa.
pengertian jujur


Salah satu dari sekian banyak kejujuran yang orang rasakan ialah saat berkata jujur maka ia tidak memiliki beban tambahan di otaknya, sedangkan jika tidak jujur alias berbohong maka ia akan berbohong lagi untuk menutupi kebohongan dia sebelumnya.

Orang jujur banyak dicari sekalipun oleh orang yang tidak jujur. Contohnya: Meskipun seseorang yang tidak jujur, tatapi ia akan berusaha mencari orang yang jujur sebagai partner nya. Misalnya seorang yang tidak jujur akan mendirikan sebuah bisnis maka dia akan menjadi orang yang jujur.

Seorang pencuri / perampok ingin anaknya menjadi orang yang jujur, merek atidak ingin anaknya menjadi seperti mereka.

Kejujuran adalah mata uang universal yang diterima diseluruh dunia. Jika kita ingin mengajarkan kejujuran maka kita tidak bisa hanya memberitahukan pengertian jujur tetapi kita harus memberi contoh karena itu lah yang dilihat orang, bukan apa yang kita ucapkan, tetapi apa yang kita lakukan.

Kejujuran akan sangat dibutuhkan didalam keluarga, anggota keluarga yang saling tidak jujur maka akan mengalami banyak masalah.

Kejujuran juga dibutuhkan dalam penyelenggaraan sebuah negara, jika para penyelenggara negara banyak yang tidak jujur, maka keadaan negera akan menjadi kacau dan rakyat menjadi tidak percaya kepada pemerintah.


Pengertian Jujur Beserta Contoh Dalam Keseharian Pengertian Jujur Beserta Contoh Dalam Keseharian Reviewed by Yunar W on October 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.