Doa Iftitah, Doa Yang Dibacakan Diawal Sholat Setelah Takbiratul Ihram

Doa Iftitah merupakan doa yang dibacakan setelah takbiratul ihram (Allahu Akbar) pada rakaat pertama. Doa ini hukumnya sunah sehingga ada beberapa orang yang tidak membacakan ini dan langsung membacakan surat Al Fatihah. Meskipun demikian dianjurkan untuk membacanya karena akan mendapatkan pahala sunah.

Ada beberapa versi doa Iftitah baik itu yang pendek maupun yang panjang. Salah satu doa yang sering dan paling dibacakan oleh umut Muslim di Indonesia adalah sebagai berikut:

Bacaan Doa Iftitah (versi NU):


Allahu akbaru kabiiraan walhamdulillahi katsiiraan wasubhaanallohi bukrotaa waashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii watorossamaawaati wal ardho haniifam muslimaa wamaa anaa minal musrikiin. Inna sholaati wanusukii wamahyaaya wamamaati lillahi robbil aalamiin. Laasyariika lahu wabidzalika umirtu wa anaa minal muslimiin.

Artinya:
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).



Doa Iftitah, Doa Yang Dibacakan Diawal Sholat Setelah Takbiratul Ihram Doa Iftitah, Doa Yang Dibacakan Diawal Sholat Setelah Takbiratul Ihram Reviewed by Yunar W on October 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.