Jenis Peta Serta Penggunaannya

Peta merupakan gambaran dari permukaan bumi yang di gambar menggunakan skala tertentu di permukaan yang datar. Penggunaan skala dalam penggambaran peta ini salah satunya adalah untuk mengetahui permukaan bumi yang sesungguhnya secara real.

Membuat peta bukanlah pekerjaan yang enteng , pasalnya peta yang akan dibuat tersebut harus mampu menunjukkan kondisi permukaan bumi secara nyata. Oleh karenanya peta memiliki banyak sekali jenis dengan fungsinya masing-masing.
peta


Jika Anda belum mengetahui jenis peta serta penggunaannya, rasanya Anda sudah masuk kedalam laman yang tepat. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar jenis peta serta penggunaannya kepada para pembaca yang budiman. Tak perlu berlama-lama lagi inilah ulasannya untuk Anda.

Jenis Peta Serta Penggunaannya

1. Peta Umum
Peta umum ini biasanya digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah untuk menggambarkan kondisi umum suatu wilayah tertentu. Oleh karenanya penggambaran peta ini dilakukan secara global dengan skala yang diperkecil tanpa menunjukkan legenda-legenda secara umum.

Seperti sungai, gunung, hutan jalanan umum serta beberapa hal lainnya yang bersifat umum. Seperti misalnya peta umum yang menggambarkan letak kondisi geografis di suatu wilayah tertentu, maka di dalam peta tersebut hanya berisikan gambar-gambar secara umum saja, seperti batas-batas wilayahnya.

2. Peta Topografi
Jenis peta serta pengguanaanya yang akan kami bahas selanjutnya adalah peta topografi. Meskipun peta ini termasuk kedalam jenis peta umum namun peta ini mampu menggambarkan kondisi relief bentuk bumi secara nyata, sehingga kontur tanah pada suatu wilayah tertentu dapat ditinjau melalui peta topografi ini.

Secara umum keberadaan peta topografi ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Pasalnya peta ini juga memiliki kemampuan mendeteksi potensi bencana yang ditimbulkan dari pergerakan relief bumi.

3. Peta Khusus
Berbeda dengan peta umum dan peta topografi yang menggambarkan tentang kondisi permukaan bumi secara nyata. Lain halnya dengan peta khusus, yang lebih sering digunakan untuk memetakan persebaran penduduk sehingga mengantisipasi timbulnya kepadatan penduduk disuatu wilayah tertentu.

Biasanya pemerintah sering menggunakan peta khusus untuk memberikan fasilitas umum serta layanan masyarakat yang mampu dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Tak hanya itu namun peta khusus ini juga dapat mengantisipasi munculnya masalah sosial yang sering kali terjadi di wilayah yang memiliki jumlah penduduk yang padat.

4. Peta Wilayah
Sama seperti namanya peta wilayah yang termasuk kedalam peta khusus ini digunakan untuk membantu pemerintah dalam menentukan pemetaan wilayah serta perencanaan pembangunan kota. Sebelum melakukan perencanaan pembangunan biasanya beberapa ahli akan menilik secara mendalam tentang kondisi wilayah serta potensi tertentu di wilayah yang hendak dibangun tersebut.

Peninjauan secara mendalam menggunakan peta wilayah ini dimaksudkan supaya ekosistem alami sesuai dengan potensi kota tersebut tidak rusak dan akan terus berkembang. Melalui peta khusus ini mampu membantu pemerintah fokus sasaran-sasaran wilayah yang tepat dalam memajukan suatu daerah tertentu.

Bagaimana apakah setelah membaca rangkuman singkat mengenai informasi jenis peta serta penggunaannya tersebut diatas Anda sudah bisa membedakannya? Itulah tadi ulasan singkat mengenai beberapa jenis peta berdasarakan pengguannya yang wajib untuk Anda ketahui. Penulis berharap semoga dengan adanya artikel ini mampu memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan baru akan macam-macam peta yang memiliki fungsi berbeda ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Jenis Peta Serta Penggunaannya Jenis Peta Serta Penggunaannya Reviewed by Bunda Lexi on March 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.