Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Remix Cash

Barang Tertinggal di Grab? (Ini Solusinya)

Barang Tertinggal di Grab - Minggu 22 April 2018 saya menggunakan Grab untuk mengantarkan kami (saya dan anak berusia 5 tahun) dari Ujungberung ke Buahbatu, Bandung.



Saat itu saya duduk di depan dengan anak, karena saya juga membawa ransel berisi laptop dan menjadi penuh jika disimpan di depan, maka saya simpan ransel tersebut di baris kedua kursi. Ini awal kesalahan saya. Seharusnya saya berada di baris kedua juga, karena jika kita terpisah dari barang bawaan, maka kemungkinan barang tertinggal jadi jauh lebih besar.

Seperti biasa saya mengobrol dengan driver nya yang baik hati, menceritakan sedikit tentang keadaan kami masing-masing saat ini.

Turun dari mobil pikiran saya fokus pada keselamatan/keadaan anak dan kami masuk rumah dengan perasaan kangen karena sudah sekitar 4 minggu tidak berkunjung ke rumah Nenek.

Setelah ngobrol sekitar 20 menit bersama ibu dan kakak perempuan saya, kini saatnya saya akan membuka laptop mengerjakan beberapa pekerjaan tertinggal sebelumnya.

Saat itulah saya menyadari bahwa ransel hitam berisi laptop tertinggal di dalam mobil Grab. Ketika akan menghubungi drivernya saya tidak memiliki nomor handphone nya karena saya sebelumnya tidak menghubungi nya melalui handphone.

Cara Mengetahui Nomor Driver Grab

Hal yang pertama kali anda ingin lakukan saat tahu ada barang yang tertinggal di Grab ialah menghubungi driver nya. Untuk itu anda pasti mencari cara mengetahui nomor driver grab. Saya katakan disini bahwa itu tidak mungkin dilakukan karena untuk komunikasi chat antara driver dan pelanggan dilakukan melalui aplikasi chat Grab sendiri. Hal ini dilakukan untuk melindungi privasi kedua belah pihak baik driver maupun pelanggan. Misalnya jika kedua belah pihak saling mengetahui nomor HP masing-masing maka bisa saja nomor-nomor itu dijadikan sasaran promosi atau disalah gunakan dengan cara lain.
Kecuali jika dalam perjalanan driver dan pelanggan saling bertukar nomor HP, tapi kemungkinan ini pasti sangat kecil. Kecuali jika mereka sudah saling kenal sebelumnya dan baru bertemu lagi kali ini.

Dibawah ini adalah cara saya (menghubungi call center Grab) untuk mengembalikan barang yang tertinggal di Grab.

Menghubungi Call Center Grab

Saya panik saat itu karena laptop tersebut relatif masih baru dan semua pekerjaan saya ada disana, untunglah keponakan saya berusaha menenangkan dan dia mencarikan nomor Customer Service nya Grab, dari aplikasi Grabnya terdapat nomor nya yaitu 6221 8064 8788. Saya segera hubungi nomor tersebut. Setelah dicatat identitas saya, data perjalanan dan data drivernya, maka laporan segera diproses.

Mereka membekukan sementara akun driver Grab dengan tujuan agar tidak bisa menerima order selanjutnya. Menurut saya ini sangat bagus, karena jika sudah ada penumpang lain maka kemungkinan barang kita kembali jadi semakin kecil.

Alhamdulillah Barang yang tertinggal di Grab akhirnya kembali

Setelah laporan, saya menunggu dan berharap cemas mudah-mudahan barang saya bisa segera kembali. Alhamdulillah sekitar 25 menit setelah laporan driver Grab yang tadi mengantar saya kembali mengantarkan ransel tersebut.

Kami berbincang sekitar 10 menit menyatakan rasa terimakasih kami serta memberikan sedikit uang rasa terimakasih kepada bapak tersebut. Dengan sopannya beliau menolak berdalih bahwa ini sudah kewajiban nya. Tetapi kami juga berkeras memberikan nya sebagai tanda terimakasih, dan akhirnya bapak tersebut menerima dengan berat hati.

Setelah itu saya segera menelepon kembali nomor customer service diatas dan melaporkan barang sudah kembali, sehingga akun driver yang tadi dibekukan sementara bisa diaktifkan kembali.
Terimakasih Grab dan pak Ramdan Fadillah.

Baca: Keterangan dari Grab jika barang tertinggal kurang dari 48 jam dan lebih dari 48 jam

Agar tidak terulang barang tertinggal di Grab:


1. Jangan menyimpan barang berbeda baris dengan kita karena kemungkinan tertinggal akan sangat besar.
2. Saat turun perhatikan kembali jika ada barang tertinggal.
3. Jika menyadari barang tertinggal segera telepon, semakin cepat kita melaporkan kejadian maka kemungkinan barang akan kembali semakin besar.

Bagaimana Jika HP Ketinggalan:

Sebelumnya saya juga pernah ketinggalan HP di Grab, parahnya saya tidak sadar HP tersebut tertinggal sampai driver Grab nya datang ke rumah menanyakan jika saya ketinggalan sesuatu.
Setelah di tanyakan ciri-ciri HP saya dan ditanyakan no telp nya, baru HP saya dikembalikan. Hebatnya lagi saya tidak sempat melapor karena memang saya belum sadar telah meninggalkan HP di dalam mobil Grab. Saya menganggap saya adalah orang yang sangat beruntung, ketinggalan barang 2 kali dan semuanya kembali dengan selamat.
Saya berharap tidak pernah mengalami hal ini lagi dan akan lebih waspada lagi saat keluar dari Grab, takutnya ada barang tertinggal.

Post a Comment for "Barang Tertinggal di Grab? (Ini Solusinya)"